Ketua Pertimbangan PDIP Aceh: Pindahkan Gubernur Non Aktif Irwandi Yusuf ke Penjara di Aceh

H.karimun Usman bersama Irwandi Yusuf di kediaman ibu Megawati Soekarnoputri Putri
H.karimun Usman bersama Irwandi Yusuf di kediaman ibu Megawati Soekarnoputri Putri

Terpidana gratifikasi Rp 8,717 miliar selama menjabat Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf pada Februari lalu dipindahkan KPK ke Rutan Sukamiskin. Pemindahan dilakukan setelah KPK menerima salinan putusan kasasi dari Mahkamah Agung.

Banda Aceh, Akuratnews.com - Dipindahkannya eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dari tahanan KPK ke rutan Sukamiskin sebagaimana putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA), seakan menjadi sesuatu yang memberatkan bagi Ketua Pertimbangan PDIP Aceh, H. Karimun Usman.

Karena itu, Karimun Usman meminta kepada Menteri Hukum dan HAM agar dapat memindahkan tempat penahanan Irwandi Usman dari Sukamiskin ke salah satu rutan yang ada di Aceh.

"Kepada Menkumham Yasonna Laoly agar segera dapat memindahkan Irwandi ke lapas yang ada di tanah rencong Aceh. Karena kita ketahui masalah pindah memindah seseorang yang dalam masa tahanan dimanapun dan kemanapun wewenangnya adalah Menkumham. ujar H. Karimun Usman.

Karimun menyebut salah satu rutan di Aceh yang cocok untuk penahanan Irwandi Yusuf yakni di rutan Lambaro.

Sebagai pendukung terdepan Irwandi pada Pilkada 2017 yang lalu, Karimun menjelaskan bahwa Irwandi adalah sosok yang juga memiliki jasa besar bagi bangsa Indonesia khususnya di tanah rencong ini.

"Terlepas Irwandi dituduh sebagai seorang Koruptor, akan Tetapi dia adalah sebagai Tokoh Perantara (penterjemah) dalam proses Perdamaian Aceh, antara Gerakan Aceh Merdeka Yang di prakarsai Heridunan Santre di Helsinki, Finlandia dengan pemerintah RI, yang populer disebut dengan MoU Helshinki Augustus Tahun 2005," jelas Karimun.

"Ini tentu ada kaitannya dengan hari perdamaian Aceh yang jatuhpada tanggal 15 Mei nanti. Nantinya Irwandi bisa merasakan dinginnya rumah tahanan di aceh dan bisa dekat dengan sanak keluarga. Sebagaimana dulu Irwandi juga pernah merasakan dinginnya Rutan Kedah semasa terlibat aktif di Gerakan Aceh Merdeka," imbuh Karimun.

Menurut Karimun, Irwandi yang dulu pernah ditahan di Rutan Kedah bisa bebas akibat bencana tsunami yang meluluhlantakan Banda Aceh beberapa tahun silam.

Penulis: Heri

Baca Juga