oleh

Ketua TKN Jokowi Minta Kasus e-KTP Tercecer Diusut Tuntas

Jakarta, Akuratnews.com – Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Erick Thohir berharap kasus tercecernya kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) di sejumlah daerah segera diusut tuntas. Erick khawatir kasus itu merugikan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

“Karena nanti kalau Pak Jokowi menang, presiden kita menang, disangka curang lagi, kita harus solid menjaga itu,” kata Erick di Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Erick mengatakan, kubu petahana merasa disudutkan dengan kasus KTP-e tercecer. Terlebih, kasus itu justru dikaitkan dengan kontestasi Pemilihan Umum Presiden 2019. Erick pun menegaskan, kalau Jokowi dan tim sukses tidak ada kait paut dengan kasus tersebut.

“Biarkan pihak kepolisian yang mengurus, enggak ada hubungannya dengan TKN,” ujarnya.

Sebanyak 1.706 KTP-e ditemukan tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur. Sabtu (8/12). Ini bukan kasus yang pertama, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrullah menyebut kasus serupa juga terjadi di Padang Pariaman, Sumatra Barat, dan Serang, Banten.

Menurut Zudan, KTP-e tercecer di Jakarta Timur merupakan kartu penduduk kadaluwarsa yang sengaja dibuang.

Sementara itu, kasus di Sumbar dan Banten diduga akibat kesalahan kepala dinas setempat terkait standar operasional prosedur (SOP) penanganan KTP bekas, blanko invalid, dan KTP yang sudah tidak terpakai. (Red)

Komentar

News Feed