Pernyataan Resmi Ikatan Notaris Indonesia

Ketum INI Yualita Widyadari: Tak Benar Profesi Notaris Lekat Dengan Mafia Tanah

AKURATNEWS - Belakangan viral di media elektronik, yang menganggap profesi notaris ada kaitannya atau bermain-main dengan mafia tanah. Hal ini tentu sangat mengganggu profesi notaris yang sejatinya tidaklah  demikian.

Oleh karena itu, Ikatan Notaris Indonesia (INI)  yang kini beranggotakan 20 ribu orang lebih tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui Ketua Umumnya Yualita Widyadari secara resmi melayangkan pernyataan resminya bahwa profesi notaris tidak bermain-main dengan mafia tanah.

Dalam jumpa pers Yualita Widyadari dengan gamblang menjelaskan bahwa profesi notaris itu terikat dengan sumpah jabatan dan diatur dengan Undang Undang.

"Perlu kami ingatkan kepada masyarakat diseluruh Indonesia bahwa, semua notaris tergabung dalam INI dalam perjalanannya melakukan pembinaan dan keilmuannya, notaris Indonesia sudah melakukan profesi sumpah jabatan notaris dan di atur oleh UU yang berlaku di Indonesia," tegas Yualita Widyadhari, Minggu, 21 November 2021.

Lebih lanjut Yualita menambahkan bahwa, INI sangat menghargai proses hukum yang berlaku dan kita sebagai profesi bermartabat ini selalu mengedepankan praduga tak bersalah.

"Kami sangat percaya dengan tim penyidik dari Kepolisian, jika ada oknum pastinya akan ditindak tegas mengacu pada tindak pidana sesuai UU," ucap wanita kelahiran Banjarmasin, 30 November 1960 ini.

"Itu pun jika ada notaris yang dalam menjalankan profesinya bertentangan dengan profesinya notaris, maka ia haruslah bertanggungjawab kepada dirinya dan kepada masyarakat, dan praduga tetap dikedepankan sampai terbukti, itu sudah pakem kami," tambahnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga