KH Ma’ruf Amin Minta Santri Agar Terlibat Aktif Membangun Indonesia

Surakarta, Akuratnews.com - Calon Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin bersilaturahim ke Pondok Pesantren Al Muayyad di Kampung Mangkuyudan, Kelurahan Purwosari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (24/10/2018).

Kehadiran Ma'ruf di salah satu Ponpes tertua di Surakarta itu disambut langsung oleh Pengasuh Al Muayyad, KH Abdul Rozaq Shofawi, Pengasuh Ponpes Al Muayyad Windan Makam Haji, KH Dian Nafi, sejumlah alumni Al Muayyad. Salah satunya calon anggota legislatif dari Partai NasDem, Eva Yuliana.

Kesempatan bersilaturahim itu digunakan Ma'ruf untuk memberikan nasehat dan membangkitkan semangat para santri agar terlibat aktif membangun Indonesia.

Seperti yang dilakukan para Kyai dan santri ketika memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dahulu.

Salah satu yang terus dikenang sejarah adalah ketika para ulama di Jawa Timur yang dipimpin KH Hasyim Asy'ari menyerukan resolusi jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari upaya Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Seruan pendiri Nahdlatul Ulama itulah yang dikemudian sebagai tonggak hari santri nasional yang peringati setiap 22 Oktober.

"Terima kasih Pak Jokowi yang telah menetapkan hari santri nasional. Itu berarti Pak Jokowi sangat menghargai dan mencintai para Kyai dan santri," kata Ma'ruf.

Di zaman sekarang ini, lanjut Ma'ruf, Ponpes beserta para kyai dan santrinya juga memiliki peran yang sama. Mereka tidak hanya dituntut bisa membaca dan paham kitab kuning, tetapi juga pandai membaca huruf yang termaktub dalam kehidupan masyarakat.

Kyai dan santri diharapkan bisa membantu memberikan solusi atas persoalan-persoalan sosial, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

"Maka santrinya harus cerdas, karena nanti tugas mereka untuk membimbing umat," kata Ma'ruf.

Di penghujung tausiahnya, Ma'ruf meminta doa restu agar Jokowi dan dirinya terpilih untuk memimpin Indonesia sebagai presiden dan wakil presiden.

"Mohon doa restu saya dan pak jokowi bisa terpilih. Kalau hari ini saya datang sebagai calon wakil presiden, nanti saya datang lagi sebagai wakil presiden," kata Ma'ruf yang disambut ucapan amin hadirin. (Red)

Penulis:

Baca Juga