KH. Ma’ruf Amin : Rizieq Memang Mumpuni Sebagai Ahli Agama

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin membenarkan bahwa MUI merekomendasikan Rizieq Shihab (pemimpin FPI) sebagai ahli dari MUI saat perkara dugaan penistaan agama masih dalam tahap pemeriksaan di kepolisian.

"Betul sebagai ahli agama," ucapnya dalam persidangan di Aula Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (31/01/17).

Sebelumnya, Ma'ruf mengaku sudah bertemu dengan Rizieq, namun tidak membicarakan soal penunjukkan dirinya menjadi ahli dari MUI dalam perkara Ahok. Alasanya, lanjut Dia, Rizieq  memang mumpuni sebagai ahli agama mengingat pendidikan yang telah ditempuh Rizieq.

"Bertemu ya, tapi tidak bicarakan (penunjukkan Rizieq jadi ahli agama dari MUI). (Dia ditunjuk) karena dianggap menguasai, tamatan, Saudi S1, S2 dan S3 di Malaysia. Kita anggap ahli, menguasai masalah-masalah agama," ujar dia.

Dirinya menjelaskan, bahwa penunjukkan Rizieq menjadi ahli dari MUI saat itu ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas, dan salah seorang ketua bidang di MUI.

Ia sendiri mengaku tidak menandatangani penunjukkan Rizieq jadi ahli agama dari MUI untuk pemeriksaan di kepolsian, namun ia memastikan penunjukkan Rizieq itu sah.

Kemudian, Ma'ruf menegaskan bahwa MUI tidak ada hubungannya dengan Rizieq juga para anggota Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang beberapa jkali melakukan unjuk rasa menuntut Ahok dipenjara. Terkait embel-embel MUI di belakang nama gerakan mereka, Ma'ruf mengatakan bahwa itu spontan dilakukan Rizieq cs tanpa meminta izin MUI, dan mereka sebenarnya juga sudah mengingatkan untuk tidak dilakukan hal itu.

"Kita gak katakan setuju, kita bilang jangan bawa-bawa atribut MUI dalam kegiatannya. Tidak ada (GNPF) itu kerja sama dengan MUI," tutur dia. (Fajar)

Penulis:

Baca Juga