Shalat Idul Adha 1440 H Di Medan

Khatib : Jangan Gadaikan Aqidah dan Iman Demi Mengejar Duniawi

Gubsu Edy Rahmayadi, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (11/8/2019)

Medan, Akuratnews.com - Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 H di Lapangan Merdeka Medan berlangsung lancar, tenang dan penuh khidmat. Ribuan masyarakat dari berbagai lapisan hadir melaksanakan shalat Hari Raya Udul Adha (Qurban), Minggu (11/8/2019) pagi.

Bertindak sebagai khatib Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan HM Syukri Albani Nasution MA, sedangkan qori Sumatera Utara Fikri Munawar SP menjadi imam.

Tampak hadir dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha dilapangan Merdeka Medan ini, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Walikota Medan Drs T Dzulmi Eldin, Wakil Walikota Ir. H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Sumut dan Pemko Medan,  tokoh agama, alim ulama serta tokoh masyarakat.

Usai shalat HM Syukri Albani Nasution MA dalam Tausiahnya berjudul, “Idul Adha; Upgrade Peran Kehidupan Manusia Modern” menyampaikan, pelajaran penting yang diambil dari Idul Adha atau Idul Qurban, diantaranya setiap umat Islam dituntut untuk mengedepankan dialog yang dibungkus nilai-nilai ukhuwah Islamiyah. Sebab, Nabi Ibrahim AS telah membuktikan betapa pentingnya suatu dialog musyawarah sebelum mengambil suatu keputusan.

Dikatakanya, semua harus memperkokoh ukhuwah Islamiyah terlebih dalam menyikapi suatu perbedaan. Jangan hanya kuat dan kompak dalam gerakan-gerakan sholat tapi lemah di tengah-tengah masyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mari kita hidupkan ghirah ke-Islaman kita dengan menjaga utuh persatuan dan kesatuan bangsa ini,” kata Syukri.

Mengaitkan makna Idul Adha dengan konteks kekinian saat ini,umat Muslim, jelasnya, dituntut untuk membentuk keluarga yang memiliki aqidah dan kadar keimanan yang kuat dan tangguh. Dirinya mengingatkan agar jemaah jangan sampai menggadaikan aqidah dan imannya demi mengejar duniawi.

“Hendaknya kita bentuk dan bina keluarga kita dengan nilai-nilai Islami. Menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah yang penuh cinta dan kasih sayang. Tanamkan aqidah yang kuat serta senantiasa memiliki sikap ikhlas, taat dan sabar. Selain itu juga tidak memaksakan kehendak di luar kemampuan. Untuk itu jangan biarkan seluruh anggota keluarga kita tidak sholat dan buta Al Qur’an. Selamatkan diri kita dari ancaman api neraka karena semua akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,” ungkapnya.

Jumlah total hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 1440 Hijriah di Kota Medan sebanyak 9.562 ekor dengan perincian hewan kurban sebanyak 7.062 ekor lembu dan 1.960 ekor kambing.

Baca Juga