Kinerja Kejari Sinjai 2021, dari Selamatkan Uang Negara Ratusan Juta hingga Eksekusi Kasus Korupsi

Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Ajie Prasetya, SH., MH. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Kejaksaan Negeri Sinjai, Sulawesi Selatan berhasil melakukan penyelamatan dan pemulihan keuangan negara sebesar Rp182 juta lebih terhadap hasil temuan BPK atas perkara proyek pembangunan Islamic Center Sinjai.

Keberhasilan tersebut disampaikan Kepala Kejari Sinjai, Ajie Prasetya terkait salah satu capaian kinerja Kejari Sinjai dalam kurun waktu setahun di 2021.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa sebanyak Rp358 juta lebih pemulihan keuangan negara turut dilakukan terkait penagihan beberapa debitur bank dan tunggakan pelanggan PDAM. 130 perkara kegiatan non litigasi dan 1 perkara litigasi.

"Itu untuk data pencapaian kinerja di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara," ungkap Ajie, Selasa (4/1/2022).

Lebih jauh Ajie menerangkan bahwa khusus di Bidang Intelijen terdapat 6 perkara proses penyelidikan, dan sejumlah kegiatan penyuluhan hukum termasuk jaksa masuk sekolah dan kegiatan jaksa menyapa yang telah dilakukan.

Sementara di Bidang Tindak Pidana Umum, sesuai data perkara yang masuk sebanyak 146 perkara, yang didominasi perkara narkotika dengan presentasinya sebanyak 70 persen.

Kemudian untuk di Bidang Tindak Pidana Khusus, sambung Ajie, terdapat penyelidikan 4 perkara. Dari 4 perkara ini, 2 perkara ditindaklanjuti naik ke tahap penyidikan, 1 perkara dilimpahkan ke instansi lain, dan 1 perkara dihentikan.

Perkara tindak pidana korupsi yakni penuntutan terhadap kasus Kades Arabika, dan eksekusi kasus trotoar dengan tersangka inisal SN. Kasus Rusunawa ASN dan PDAM sementara berproses.

"Perkara Rusunawa ini kita tunggu hasil pemeriksaan bangunan, sedangkan perkara PDAM kita tinggal tunggu hasil perhitungan kerugian negaranya," jelas Ajie.

Tentunya, kata Ajie, capaian kinerja Kejari Sinjai di 2021 lalu tercermin dinamis dengan tetap menyelesaikan tugas kejaksaan dan pemenuhan pelayanan hukum secara maksimal kepada masyarakat.

Penulis: Ashari

Baca Juga