Kisah Sukses Lili Tjhin Dari Penjaga Toko Menjadi Pengusaha Cafe

Cibubur, Akuratnews.com - Lili Tjhin mengawali sebagai pengusaha dari titik nol dari menjadi sales dan penjaga toko, Kini ia menjadi pengusaha sukses dengan Membuka toko Hp dan juga sebagai Onwer Cafe Moza dibeberapa tempat dikawasan Cibubur.

Putri asal singkawang kelahiran 4 april 1984 dari 9 bersaudara yang hoby bernyanyi ini, ‎pernah merasakan menjadi sales dan penjaga toko dimana satu pekerjaan yang sering dipandang sebelah mata, tetapi kini semua itu hanya tinggal kenangan semua sudah berubah kini ia telah menjadi pengusaha, bahkan saat ini lili masih menempuh Gelar sarjana hukum dan management di 2 universitas, satu semangat yang belum tentu mampu dilakukan orang lain.

" Setelah sukses menjadi pengusaha kini ia pun bergabung dan Menjadi Sekjen disalah satu Organisasi masyarakat MANTRA (Macan Nusantara) suatu wadah untuk membantu sesamanya, berjuang melawan ketidak adilan melalui jalur diplomasi "

Berikut petikan wawancara akuratnews.com, saat Lili Tjhin ditemui di cafe moza, Cibubur, Sabtu (29/6/2017).

Dulu Anda hidup susah saat berada di Jakarta, bisa ceritakan?

Kejadiannya, Saat itu saya diusir dari rumah oleh orang tua, karena saat itu saya terlalu nakal hobi balap liar dan ikut dalam geng motor, sehingga membuat ayah saya murka dan mengusir saya.

Dengan pikiran kalut saya tinggalkan kampung halaman tujuan saya hanya satu berangkat kejakarta, berbekal Pinjaman 1juta rupiah, dari rekan papah, saya nekat mengarungi lautan menuju kejakarta. Dan terhempaslah saya bekerja dibekasi, disaat itu untuk bertahan hidup apapun yg bisa saya kerjakan saya lakukan asalkan halal, kenangnya.

Berapa gaji anda saat bekerja saat menjadi kuli sales dan penjaga toko?

Gaji pertama yang saya terima sebagai penjaga toko hanya 200rb/ bulan satu gaji yang sangat minim yang hanya cukup untuk membeli kebutuhan wanita untungya saya tidak mengontrak tetapi saya diberikan tempat tinggal dirumah petak ada 6 orang yang mengisi, yang membuat hati pedih karena saya orang baru maka saya mendapat tempat tidur yang beralaskan kardus tepat didepan pintu toilet, sedih sekali saat itu saya benar-benar diuji, mau minta bantuan saya malu. Karena ini sudah keputusan, saya harus jalani.

Berapa tahun anda menjalani profesi sebagai penjaga toko?

Menjalani sebagai penjaga toko kurang lebih 4 tahun, selama masa itu pula, uang yang saya dapat dari hasil gajian saya kumpulkan,saya jadikan modal awal untuk membuka counter Handphone.

Saat ini anda sudah mempunyai usaha apa saja ?

Bersyukur setelah jatuh bangun, kini saya mempunyai beberapa usaha diantaranya Counter Handphone, Grosir Voucer, Server, Cafe dan pabrik Cat.

Anda kini sudah sukses, siapa orang yang berjasa dibalik kesuksesan anda?

Orang yang paling berjasa adalah orang tua saya dimana orang tua sayalah penyemangat saya, merekalah yang selalu mendukung segala keputusan saya, merekalah yang menjadi panutan,berkat mereka semua usaha yang saya jalankan dapat berhasil.

Selain menjadi pengusaha kabarnya anda aktif di Organisasi masyarakat bahkan posisi anda Sekertaris Jendral apakah anda sibuk bukankah itu tantangan baru?

Saya suka tantangan, apalagi dalam organisasi masyarakat Mantra ini lebih menjurus untuk membantu sesama, Membantu Masyarakat baik dibidang sosial atau pun pendampingan lainya, jadi saya mau bergabung, sesibuk apapun ketika kita dapat berbuat baik untuk orang lain pasti ada kepuasan dalam batin saya.

Adakah pesan khusus bagi anak muda ?

Kepada anak muda yang masih berjuang yang pernah merasakan jatuh bangun tetap semangat, karena didunia ini tidak ada kegagalan yang ada adalah tantangan, tetap focus dan semangat dalam menjalankan usahanya, saya yakin mereka akan lebih sukses dari saya.

Selanjutnya anda akan focus menjadi pengusaha atau organisasi masyarakat, dan target anda selanjutnya apa ?

Saya akan tetap menjadi pengusaha sejati dengan begitu saya dapat membantu sesama, harapan saya ketika bergabung diorganisasi masyarakat dapat menyumbangkan pikiran saya ide saya untuk membangun indonesia yang hebat indonesia yang lebih maju. (Toro)

Penulis:

Baca Juga