Kisruh Aset Kemenpora, Roy Suryo Dinonaktifkan sebagai Waketum Demokrat

Jakarta, Akuratnews.com - Roy Suryo dinonaktifkan dalam jabatannya sebagai wakil ketua umum (waketum) Partai Demokrat (PD). Ketua Umum (Ketum) PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal sekjen telah menandatangani surat keputusan (SK) penonaktifan Roy.

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Kehormatan PD Amir Syamsuddin, Minggu (16/09/2018). Dijelaskan Amir, rekomendasi penonaktifan berasal dari Dewan Kehormatan.

Untuk diketahui, Roy sebelumnya melayangkan surat kepada PD terkait polemik aset Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) yang diduga belum dikembalikannya.

Melalui surat itu, Roy yang merupakan mantan menteri pemuda dan olahraga (menpora) meminta agar dapat nonaktif hingga urusan pengembalian sejumlah barang Kempora selesai. Roy tak menginginkan polemik tersebut dikaitkan dengan PD.

Terkait permasalahan aset, Amir berharap Roy secepatnya menuntaskan. "Manfaatkan dan maksimalkan komunikasi yang telah dibuka oleh Kempora agar isu yang telah sangat merugikan dirinya segera diselesaikan," tegas Amir. Ditegaskan, Roy tidak mendapat bantuan khusus dari PD. "Tidak perlu dicampuri siapapun," tegasnya.

Sebelumnya, pada Jumat (14/09/2018), kantor DPP PD, Jakarta, sempat didemo sejumlah elemen masyarakat. Salah satu aspirasi pendemo yakni agar PD ikut bertanggung jawab menyangkut 3.226 aset Kempora yang melibatkan Roy.

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum PD, Ferdinand Hutahaean menyatakan, partainya menghormati aspirasi pendemo.

"Namun kami harus jelaskan bahwa Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Pak SBY, Pak Amir Syamsuddin sebagai Ketua Dewan Kehormatan bersama sekjen telah membahas masalah ini," ungkap Ferdinand. (Red)

Penulis:

Baca Juga