‘Kita Bersaudara’ Jadi Bentuk Tanggung Jawab Armada

AKURATNEWS - Sudah berkarya sejak 2007 dan baru saja merilis album ketujuh bertajuk 'Kita Bersaudara', band Armada mengaku, memperlakukan semua lagunya sama dan ingin mempromosikan semua lagu yang mereka ciptakan dengan sama porsinya.

"Bikin lagu itu nggak mudah, kadang-kadang dalam waktu lima menit bisa dapat satu lagu full plus lirik, tapi kadang butuh waktu berbulan-bulan untuk keluarin satu lagu. Jadi kita perlakukan semua lagu kita sama," ujar Rizal, vokalis Armada di launcing album 'Kita Bersaudara', Jumat (22/10).

Bagi band yang populer dengan lagu 'Mau di Bawa ke Mana' ini, yang mereka pikirkan bukanlah menjaga eksistensi saat menciptakan lagu.

"Kalau kami, berpikir bukan jaga eksistensi, tapi bagaimana caranya kami bertanggung jawab sama pekerjaan yang kami jalani. Kami kan musisi, tanggung jawabnya adalah bikin karya terus," ujar Rizal.

"Kalau musisinya sudah tidak bikin karya, menurut kami 'sudah tidak bertanggung jawab lagi' dengan pekerjaan. Kalau disambungin, ya berarti sudah tidak eksis karena tidak punya karya lagi," kata Rizal lagi.

Armada mengaku sejak pembuatan album 'Kita Bersaudara', mereka sudah mulai mencoba cara theatre of mind. Dengan kata lain, tidak melulu menciptakan lagu sekadar memanfaatkan pengalaman pribadi. Walau begitu, Rizal mengakui bahwa kedalaman secara emosional memang lebih kental jika lagu dibuat dari pengalaman sendiri.

Album 'Kita Bersaudara' sendiri berisi 14 lagu. Sudah ada delapan lagu yang mereka jadikan single. Armada berharap sisa enam lagu tersebut juga dapat dijadikan single.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga