KKB Pimpinan Lamek Taplo Membakar Fasilitas Umum Distrik Ohika

Ilustrasi Peluru / Pixabay
Ilustrasi Peluru / Pixabay

AKURATNEWS - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo kembali membakar sejumlah fasilitas umum di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas beserta rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP beserta rumah guru, dan balai kampung.

Belum dipastikan kondisi warga sipil termasuk guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah itu, karena terbatasnya sarana komunikasi.

Kapolda Papua Irjen Pol Matius D Fakhiri mengatakan, ada laporan KKB kembali melakukan pembakaran, namun kini bergeser ke Okhika yang letaknya berdekatan dengan Kiwirok.

"Kami sudah minta Kapolres berkoordinasi dengan Bupati Pegunungan Bintang, agar diketahui kondisi terakhir di wilayah itu," kata Kapolda Papua Irjen Pol Matius D Fakhiri, Selasa, 14 September 2021.

Sedangkan Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menyatakan dari laporan yang diterima kelompok teroris kriminal bersenjata pimpinan Lamek Taplo saat melakukan kontak tembak dengan aparat TNI-Polri di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mereka membawa 10 pucuk senjata api diduga milik TNI.

Senjata api yang dibawa itu diduga milik TNI-AD yang didapat dari reruntuhan jatuhnya helikopter MI 17 pada 28 Juni 2019 lalu, yang membawa 12 orang prajurit termasuk lima orang anggota Yonif 725/WRG.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar
Photographer: Istimewa

Baca Juga