KMAyT Wina Ayu Kencono Larang Lakukan Road Show Motivasi ke Sejumlah Daerah

Sebagai motivator aktif, KMAyT Wina Ayu Kencono Larang gencar memberikan motivasi ke sejumlah instansi di beberapa daerah di Indonesia.

Jakarta, Akuratnews.com - Melalui Road Show panjang selama beberapa hari, Motivator KMAyT Wina Ayu Kencono Larang secara maraton memberikan motivasi ke sejumlah instansi di beberapa daerah di tanah air.

"Akhir bulan Januari lalu saya diundang untuk mengisi Inhouse training di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dengan tema "Peningkatan Kapasitas Diri Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik". Peserta terdiri dari jajaran Security, Bagian Pengaduan, Bagain Pendaftaran, Bagian Pelayanan, Bagian Gizi, Kasir, Dokter UGD, Dokter ICU, pejabat terkait dan masih banyak lainnya." ujar KMAyT Wina Ayu Kencono Larang kepada Akuratnews, Jumat (14/2/2020).

Atas undangan itu, Wina merasa senang karena dirinya bisa memberikan pencerahan dan mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik, terutama di bidang kesehatan.

"Karena Rumah Sakit adalah salah satu tempat Pelayananan Publik, dimana jika tidak memahami bagaimana dalam melayani publik tentunya akan banyak menuai komplain. Karena semua orang ingin dilayani yang pertama dan utama. Misalnya pihak keamanan RS tentunya beda pelayanannya dengan pihak keamanan hotel, yg mana orang datang ke RS dengan membawa problematika masing-masing. Otomatis publik yang datang rata-rata dalam kondisi panik atau tertekan. Disini MPM diharapkan memberikan pelatihan tentang pelayanan publik dengan baik dan tepat sasaran." terang Wina.

"Alhamdulillah setiap selesai sesi materi demi materi para peserta antusias bertanya atau sekedar curhat utk mendapatkan solusi dari pemateri." sambungnya.

Adapun pelatihan tersebut menurut Wina diselenggarakan selama dua hari dan terbagi sesuai masing-masing shift dengan diikuti oleh 150 orang peserta.

"Diharapkan dengan diadakan inhouse training ini mampu meminimalisir pengaduan yang masuk ke RS. Karena pintu utama RS adalah di pelayanan." imbuh Wina.

Dalam setiap kesempatan memberikan motivasi kepada setiap peserta, Mbak Ayu mengaku selalu menyesuaikan tema motivasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang dibutuhkan peserta.

"Motivasi terbaik adalah diri sendiri, Motivator terhebat adalah diri sendiri." pungkasnya.

Dijelaskan kemudian, dari beberapa pertanyaan peserta yang diajukan pada saat sesi tanya jawab, banyak peserta yang sekedar sharing atau meminta motivasi atas permasalahan yang dihadapi.

"Ada yan bertanya, misalnya bagaimana menghadapi keluarga pasien yang maaf (pejabat) minta dilayani yang utama dan kami jelaskan kamar sudah penuh tapi tetap memaksa. Dan kami coba berikan solusi. Hal tersebut tentunya bukan hal mudah, notabene RS adalah milik umum bukan hanya melayani orang yang punya jabatan atau pangkat saja. RS punya SOP masing-masing. Tentunya setelah ini jelaskan kondisi RS apa adanya namun oknum pejabat tersebut masih memaksa mungkin Ibu bisa sarankan ke orang tersebut untuk mencari RS lain, karena memang RS sudah penuh. Jangan pernah takut hanya karena orang punya pangkat, jabatan atau uang. Karena pelayanan tidak memandang itu." cerita Wina saat memberikan motivasi beberapa hari lalu.

Sementara mengenai tema motivasi, Wina menjelaskan bahwa dirinya selalu menyesuaikan tema dengan apa yang diinginkan kliennya.

"Karena jangan sampai kami memberikan motivasi justru bukan hal yang mereka butuhkan. Tema kami biasanya menyesuaikan klien. Atau kami meeting dengan klien agar kami bisa memberikan tema motivasi yang tepat sasaran." jelas Founder Mind Power Management (MPM) ini.

Dalam kaitan kesamaan tema motivasi yang diinginkan kliennya, Wina menjelaskan contoh sewaktu dirinya diundang oleh Ketua PKK Kota Pontianak pada tanggal 30 Januari 2020 lalu.

Saat itu menurut Wina, Ketua PKK Kota Pontianak menginginkan bagaimana ibu-ibu PKK bisa memunculkan potensi dirinya dari keinginannya bukan hanya karena ikut-ikutan.

"Maka tema yang kami pilih adalah Inner Beauty Pancarkan Potensi Diri." terangnya.

Sebagai informasi, motivasi yang diberikan Wina itu diadakan di Aula Kediaman Walikota Kota Pontianak, dengan jumlah peserta hampir 600 orang. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua PKK Kota Pontianak Hj Yenni Kamtono.

"Beliau berharap para peserta menyimak materi yang disampaikan dan semoga tema yg diusung dapat dilaksanakan dan diimplementasikan dalam kesehariannya." tutup Peragawati Terbaik DIY 1997-1999 ini.

Penulis: Alamsyah

Baca Juga