KNPI Kota Bogor Apresiasi Raperda Disabilitas

H. Adam Malik, Wakil Ketua DPD KNPI Kota Bogor
H. Adam Malik, Wakil Ketua DPD KNPI Kota Bogor

AKURATNEWS - Penyandang Disabilitas sementara ini belum mendapat tempat di masyarakat. Kehadirannya masih dipandang sebelah mata. Dengan keterbatasannya membuat mereka dianggap sebagai kelompok yang lemah, tidak berdaya dan hanya perlu mendapatkan belas kasihan.

Hak-hak mereka sebagai manusia seringkali diabaikan. Mulai dari hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan hingga hak kemudahan mengakses fasilitas umum.

Pada kesempatan tersebut H. Adam Malik selaku Wakil Ketua DPD KNPI Kota Bogor mengatakan, dirinya mengapresiasi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kesetaraan terkait Disabilitas terutama hak dalam memperoleh pekerjaan, bahkan hak memperoleh pekerjaan di perusahaan umum daerah (BUMD), swasta.

Dalam Raperda tersebut menetapkan dan mewajibkan kepada perusahaan untuk memperkerjakan penyandang Disabilitas sebanyak 2 persen.

"Dalam Raperda tersebut saya menyambut baik, apalagi dalam hal dan perlindungan hukum serta hak politik yang sama. Jadi menurut saya tidak hanya menerima hak yang sama dalam masalah pelayanan, bisa saja kedepankan saudara-saudara kita atau penyandang Disabilitas bisa bersaing di kancah politik," ucapnya, ketika di temui di sekertariat DPD KNPI Kota Bogor, jalan kesehatan nomor 4, Kota Bogor. Selasa 12 Oktober 2021.

Adam menambahkan para penyandang Disabilitas bukan hanya kekurangan terkait fisik, hal tersebut tertuang dalam Raperda kota Bogor nomor 2 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan penyandang Disabilitas.***

Penulis: Denis

Baca Juga