KNPI Subulussalam Harap Pemuda Yang Bentrok Berdamai

Subulussalam, Akuratnews.com - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Kota Subulussalam menyayangkan kejadian bentrokan pemuda yang terjadi minggu malam antara pemuda desa Belukur Makmur dan Desa Laemate Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam dan berharap agar pemuda yang bentrok tersebut melakukan perdamaian.

KNPI mengagas langkah perdamaian antara pemuda tersebut, dengan membangun komunikasi untuk mendudukkan tokoh pemuda untuk bermusyawarah bersama Kepala Desa dari keduabelah pihak yang bentrok, Senin (4/2).

Ketua KNPI Subulussalam, Edi Sahputra Bako sangat menyayangkan atas terjadinya bentrokan.

"Atas dasar keprihatinan, hari ini kita jajaran pengurus KNPI Kota Subulussalam, terdiri dari Ketua Edi Sahputra Bako, Sekretaris Irwan Faisal, Wakil Ketua I Kaya Alim dan Wakil Sekretaris I Yusman hadir langsung bersilaturahmi dan mengajak duduk bersama," katanya.

Pertemuan ini turut dihadiri Kepala Kampong Belukur Makmur, Kepala Kampong Lae Mate, Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Kecamatan Rundeng, Ketua Persatuan Pemuda Pemudi Kecamatan Rundeng, Ketua Pemuda Kampong Belukur dan Kampong Lae Mate, dan beberapa tokoh pemuda dan masyarakat Kedua Kampong.

"Hari ini kita mengajak duduk perangkat kampong dan tokoh pemuda kedua kampong, untuk sama-sama mencairkan suasana agar semua pihak menjadi dingin. Kita melihat kejadian ini adalah merupakan hal yang sangat buruk terhadap citra kepemudaan di Kota Subulussalam. Walaupun ini bentrokan oknum tertentu saja namun kita melihat hal ini sudah beberapa kali terjadi antara pemuda di dua kampong tersebut. Tentu, kita tidak ingin preseden buruk seperti ini terjadi lagi. Maka hari ini kita duduk untuk mengajak semua pihak untuk berfikir jernih. Bahwasanya kita ini semua bersaudara, damai itu indah. Pemuda harus hadir memberikan perubahan nuansa damai. Tidak jamannya lagi bentrok dan bertikai main kelompok. Kita harus bisa keluar dari budaya yang tidak bermoral, karena pada dasarnya kejadian insiden merugikan kita semua," paparnya.

Edy, berharap dalam waktu dekat KNPI akan mencoba memfasilitasi kegiatan duduk ngopi bersama seluruh pemuda Kampong Belukar Makmur dan Kampong Lae Mate untuk membangun suasana keakraban.

"Kita harus tunjukkan ke publik bahwa pemuda sada kata itu cerdas, santun dan damai. Ayo damailah pemudaku, lahirkan inovasi yang kreatif dan bermampaat untuk negeri sada kata. Selanjutnya kita berharap proses hukum pasca bentrokan sebaiknya dilakukan secara kekeluargaan dan ada solusi damai," pungkas Edy. (jun)

Penulis:

Baca Juga