KNPI Plat Merah Datangi Kantor KPU Pandeglang, Ada Apa Ya?

AKURATNEWS - Usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang di demo belasan mahasiswa pada senin 26 Juni 2021 kemarin. Kali ini giliran Komunitas Pemuda Nasional Independen (KNPI) Plat Merah, Selasa (29/06) yang mendatangi kantor KPU Pandeglang.

Kedatangan mereka ke kantor KPU Pandeglang itu, dalam rangka melakukan audiensi, mempertanyakan terkait penggunaan anggaran KPU Pandeglang serta pemberian reward (Imbalan) dari pihak Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) atas penyimpanan anggaran hibah sebesar Rp. 68 Miliar, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pandeglang Tahun 2020 kemarin.

Sekretaris Jenderal KNPI Plat Merah, Iding Gunadi mengatakan, audiensi itu dilakukan sebagai upaya untuk mempertanyakan terkait banyak hal, termasuk soal pengelolaan anggaran KPU dan pemberian reward oleh pihak Bank BJB yang selama ini dinilainya tidak transparan.

"Iya benar, tadi kami datang ke kantor KPU. Kedatangan kami untuk audiensi dengan pihak KPU terkait pengelolaan anggaran dan pemberian reward dari Bank BJB yang selama ini terindikasi diduga tidak transparan," kata Iding, Selasa (29/06) usai audiensi di Kantor KPU, Jl. Perkantoran Cikupa Pandeglang.

Meski demikian, upaya KNPI Plat Merah untuk mengetahui hal itu terlihat hampa, disebabkan karena, Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Ahmad Suja'i tidak hadir.

Sementara itu, audiensi dipimpin langsung A. Munawar selaku Komisioner KPU Pandeglang dan Dina Kurnia Sari selaku Sekretaris KPU Pandeglang. Pantauan wartawan di lokasi, mereka mendatangi kantor KPU Pandeglang sekitar pukul 14.10 WIB.

"Audiensi tadi itu tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Karena ketua KPU nya tidak hadir. Sementara itu, dalam audiensi itu, baik komisioner dan sekretaris KPU nya juga, yang tau persoalan ini, hanyalah ketua (Suja'i). Itu dikatakan Komisioner saat memimpin audiensi dengan kami," katanya.

Belum diketahui secara resmi terkait Ketua KPU Pandeglang yang tak hadir dalam audiensi tersebut. Namun, menurut salah satu peserta audiensi, Ketua KPU Pandeglang, terpapar Covid-19.

"Jadi, menurut keterangan komisioner tadi itu, tetangga di rumah ketua KPU ada yang kena Covid-19. Nah hawatir terpapar, makanya ketua KPU nya tidak hadir," pungkas Iding.

Informasi, alokasi anggaran KPU Pandeglang pada Pilkada 2020 yang diberikan lewat anggaran pembangunan dan belanja daerah (APBD) berbentuk hibah sebesar Rp. 68,2 Miliar.

Sampai berita ini diterbitkan, wartawan belum mendapat keterangan resmi dari pihak KPU terkait ketidak hadiran Ketua KPU, Ahmad Suja'i.

Untuk keberimbangan berita, wartawan mengkonfirmasi Sekretaris KPU Pandeglang, Dina Kurnia Sari melalui pesan singkat. Kepada wartawan, Dina akan segera memberikan keterangan, setelah sampai rumah.

"Mangga (Silakan). Iya saya lagi di RS (Rumah Sakit) Ayah saya masuk ICU soalnya. Saya lagi di jalan. Nanti saya jawab yah," kata Dina.***

Penulis: Deni

Baca Juga