Pilkada Depok 2020,

Koalisi Gemuk Partai Pendukung Paslon 1 Kalah di 1.540 TPS

Depok, Akuratnews.com- Hasil real count Pilkada Depok 2020 menunjukkan perolehan suara sementara Pasangan Calon (Paslon) nomor 1 Pradi Supriatna-Afifah Alia yang diusung koalisi gemuk 6 parpol di parlemen, tampak tertinggal dari Paslon 2 Mohammad Idris-Imam Budi Hartono.

Berdasarkan rekapitulasi formulir C-Hasil-KWK yang masuk ke sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) KPU di 1.540 TPS dari total 4.015 TPS di Kota Depok Jumat, (11/12/2020) pukul 16:55 wib. baru mencapai 38.36 persen.

Dari data resmi itu menunjukan perbedaan perolehan angka sebesar 11,8 persen atau terdapat selisih suara sebanyak 33.623 ribu suara diantara dua kandidat Wali Kota Depok mendatang.

Dari jumlah 1.540 TPS, pasangan Idris-Imam kini mampu raih suara sebanyak 55,9 persen atau 157.697 suara.

Sementara untuk pasangan Pradi-Afifah yang disokong 33 kursi di parlemen yakni Gerindra, PDI-P, Golkar, PAN, PKB, dan PSI baru memperoleh suara 44,1 persen atau 126.047 suara.

Dari laman resmi KPU keunggulan raihan suara sementara Paslon 2 terlihat di seluruh wilayah Kecamatan di Depok.

Hasil rekapitulasi di tiap Kecamatan rata-rata suara yang masuk belum capai 50 persen kecuali Cinere dengan hasil rekapitulasi suara masuk diangka 52,88 persen.

Dijelaskan juga, hasil data rekapitulasi yang ditampilkan pada menu hitung suara laman resmi KPU, apabila terdapat kekeliruan data pada formulir model C hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Melaui informasi tersebut juga tertulis jika menu hitung suara merupakan data yang hasil foto formulir model C hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Meski demikian, dari sumber data yang sama dan ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Penulis:

Baca Juga