Kodim 0603/Lebak Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Pemutaran Film

Warga Kecamatan Cileles menyaksikan pemutaran film pencegahan Stunting pada kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 0603/Lebak, Sabtu (26/10).

Lebak. Akuratnews - Ratusan warga Desa Cipadang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak, Banten menyaksikan pemutaran film sosialisasi kesehatan dan film dokumenter penyuluhan pada kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke106 Kodim 0603/Lebak pada Sabtu. (27/10).

Pemutaran film tema pencegahan stunting sebagai bagian dari penyuluhan sasaran Non Fisik dalam program TMMD yang diselenggarakan Kodim 0603/Lebak bersama DP2KBP3A Kabupaten Lebak bertujuan agar warga masyarakat khususnya warga Desa Cipadang memahami apa itu pencegahan stunting.

"Melalui media pemutaran film bertema stunting dalam program TMMD ke 106 Kodim 0603/Lebak ini, diharapkan masyarakat bisa mengetahui dan mengerti bagaimana caranya mencegah stunting, yaitu mulai dari wajibnya Asi Eklusif, Pola Asuh, Pola makan dan sanitasi, sehingga diharapkan tidak ada lagi Stunting di Daerah Lebak," kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Penggerakan DP2KBP3A Kabupaten Lebak, Ibu Silvi Utami Priantina.

Pemutaran film pencegahan stunting di Kampung Pematangwaru Desa Cipadang juga dihadiri Pasiter Kodim 0603/Lebak Kapten Subagyo, Dan SSK TMMD Kapten Arm Nasori dan Danramil 0311/Cileles Kapten Inf Edy Sutawar.

Pada kesempatan yang sama, Pasiter Kodim 0603/Lebak Kapten Subagyo mengatakan, selain pemutaran film tentang penyuluhan pencegahan stunting, diputar juga film yang mengkisahkan para anggota TNI yang bertugas di luar negeri.

"Ada dua judul film yang diputar, yaitu Dua Tanda Cinta terkait pencegahan stunting dan I leave My Heart in Libanon, yaitu film tentang anggota TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda saat melaksanakan Tugas perdamaian di Libanon," terang Kapten Subagyo.

Diharapkan, dengan adanya informasi melalui film ini, masyarakat kecamatan Cileles bisa lebih memahami apa itu Stunting dan juga mengetahui tugas anggota TNI di luar negeri.

"Semoga dengan pemutaran kedua film tersebut masyarakat bisa lebih faham dalam pencegahan stunting serta yang selanjutnya bisa mengetahui bagaimana tugas TNI di luar negeri, yaitu Pasukan Garuda," Pungkas Subagyo.

Sebelumnya, Kodim 0603/Lebak menggelar program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di 2 Desa yang ada di Kecamatan Cileles, Lebak, Banten.

Kegiatan TMMD ke 106 meliputi, membangun akses jalan bagi warga masyarakat sepanjang 7 km dengan lebar 8 meter, pembangunan gorong-gorong 2 unit, turap 80 m, merehabilitasi 1 bangunan masjid, pembuatan 2 sumur bor dan pembangunan 1 tugu TMMD yang semuanya di kerjakan oleh personil gabungan satgas TMMD sejumlah 150 personel dibantu warga masyarakat.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2019 dengan tema "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat" merupakan salah satu program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, kementerian dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah dan dilaksanakan tiga kali dalam setahun dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (dk/akuratnews)

Penulis:

Baca Juga