Kominfo dan DPR RI Gelar Webinar ‘Implementasi Literasi Digital Untuk Keamanan dan Terhindar Dari Kejahatan Internet’

AKURATNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Implementasi Literasi Digital Untuk Keamanan Dan Terhindar Dari Kejahatan Internet”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, Narasumber Pertama yaitu Drs. Utut Adianto yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI,  Narasumber kedua adalah Bapak Prof Widodo Muktiyo selaku Guru Besar UNS serta mengundang Ismawan Setya Handoko,SE selaku Ketua DPRD kabupaten Banjarnegara. Seminar ini diselenggarakan pada hari Jumat, 24 September 2021 pada Pukul 09.00 wib melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat luas memahmi betul teknologi dalam Literasi Digital ini adalah sebuah peluang sebuah kemajuan dalam hidup, dengan jauh dari keterpurukan dari hasil pandemi ini menghambat kita dalam lebih maju.

Diharapkan dengan Webinar ini bisa membangun masyasarakat luas terutama yang mengikuti webinar ini dapat terbuka dan menjadikan inspiratif, terlebih lagi kita sudah diinfokan bahwa Pak Presiden akan mempercepat dalam pembangunan Infrastruktuk Digital yang merata di Indonesia sampai ke daerah-daerah terpencil, dengan dukungan tersebut kita harus beradaptasi untuk lebih memhami betul tentang Literasi Digital

Drs. Utut Adianto Wakil  komisi 1 DPR RI memaparkan tentang pentingnya Literasi Digital Bagi bangsa Indonesia.

"Literasi Digital bagi bangsa Indonesia sangatlah penting  dalam perkembangan Teknologi dalam era saat ini, diharapkan dalam webinar ini dari 40% Mahasiswa yang mengikutin webinar sebagai peserta, bisa medapatkan pengathuan dan kreatifitas dari Literasi Digital," papar Utut Adianto di jakarta, pada  Jum'at (24/9/21). .

Dalam kesempatan yang sama Prof. Widodo Muktiyo yang  menjabat sebagai Guru Besar UNS melalui tampilan video menjelaskan bahwa pemerintah kini sedang menggalakkan tentang perluasan aksea.

" Pemerintah menggalakan betul tentang perluasan akses, untuk dipercepat untuk seluruh Indonesia bisa merasakan Transformasi Digital dengan melakukan “5 langkah dengan Mempercepat memperluas Infrasturktur digital dengan menyediak Internet secara luas, Persiapkan Roadmap Transformasi Digital disektor-sekto strategis, Percepat integrase Pusat Data Nasional, Siapkan SDM Talenta Digital, Berkaitan Regulasi skema pandangan dan pembiayaan segera disipaka secepat-cepatnya,” jelas Widodo.

Selanjutanya adalah paparan materi terakhir dari narasumber oleh Ismawan Setya Handoko,SE Ketua DPRD Banjar Negarayaitu

“Merumuskan budaya Digital yang relevan kebutuhan Belajar-Mengajar di Ruang Digital” berisikan Transformasi dan adaptasi budaya Positif dari ruang belajar konvensional kerunag belajar, lalu dengan nilai-nilai dan norma yang selama ini berlaku di ruang belajar konvensional ke dalam ruang belajar digital dan penerapan karakter Building di ruang belajar digital." papar Ismawan..

 Setelah paparan materi dari ketiga narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Dari 150 peserta, terdapat lima pertanyaan yang terpilih. Sesi diskusi berjalan interaktif antara narasumber dan peserta. Para peserta yang bertanya juga mendapat doorprizes. Setelah selesai sesi diskusi, moderator mengembalikan acara kepada MC. MC memberikan plakat kepada para narasumber secara online sebagai simbolis ucapan terima kasih. Diakhir acara juga dilakukan foto bersama dengan seluruh peserta lalu selanjutnya resmi ditutup oleh MC. Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga