Webinar Literasi Digital

Kominfo dan DPR RI Kembali Gelar Webinar dengan thema “Optimalisasi Literasi Digital dalam Perlindungan Data Pribadi”

Jakarta, Akuratnews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Webinar : “Optimalisasi Literasi Digital dalam Perlindungan Data Pribadi”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu  Bapak Dede Indra Permana, S.H  yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI Komisi I. Narasumber kedua adalah Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI serta mengundang Bapak M. Rizqiadhi menjabat sebagai Head Of Strategic Business Development & System PT. Es The Indonesia Makmur. Seminar ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 02 Oktober 2021 melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Webinar tersebut memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA; mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya ;  Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Seminar dimulai pada pukul 10.00 WIB yang kemudian ditampilkan pula video-video yang berkaitan dengan literasi digital. Kemudian seminar dibuka oleh MC yang juga memberikan informasi bahwa tim yang bertugas sedang mematuhi protokol kesehatan. MC juga menyapa para narasumber hebat yang akan memberi paparan kepada seluruh para peserta.

Narasumber pertama Dede Indra Permana, S.H selaku Anggota Komisi I DPR RI menyampaikan paparannya,

"Dalam paparanya mengatakan bahwa di dalam situasi Covid-19 kita tetap untuk tidak memutus tali silahturahmi. Dengan adanya gadget kita tetap bisa bertatap muka, walaupun secara vitual. Kita harus tetap bijak dalam bersosial media, karena perlu adanya kita lebih bijak dalam menggunakan internet dan bisa memilih infromasi yang benar dan hoax. Dan semoga undang-undang perlindungan data pribadi segera terealisasikan," papar Dede Indra Permana, di Jakarta pada sabtu )02/10/21)..

Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI melalui tampilan video menyampaikan penjelasannya.

"Dimasa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting. Karena dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal", papar Samuel.

Selanjutnya adalah paparan materi oleh  M. Rizqiadhi yang menjabat sebagai Head Of Strategic Business Development & System PT. Es The Indonesia Makmur.

Zaman sekarang semua dilakukan serba digital. Bahkan data-data pribadi dengan mudahnya terinput dalam media digital. Sehingga kita tidak boleh dengan mudahnya menginput data-data kita secara sembarangan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama pada kejatan digital", papar M. Rizqiadhi.

Setelah paparan materi dari ketiga narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Dari 150 peserta, terdapat tiga pertanyaan yang terpilih. Sesi diskusi berjalan interaktif antara narasumber dan peserta. Para peserta yang bertanya juga mendapat doorprizes. Setelah selesai sesi diskusi, moderator mengembalikan acara kepada MC. MC memberikan plakat kepada para narasumber secara online sebagai simbolis ucapan terima kasih. Diakhir acara juga dilakukan foto bersama dengan seluruh peserta dan pukul 12.00 acara resmi ditutup oleh MC. Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga