oleh

Kominfo: Media Mainstream Harus Jadi Acuan Menangkal Hoaks

Jakarta, Akuratnews.com – Keberadaan media sosial saat ini turut berpengaruh terhadap perkembangan isu dan berita bohong atau hoaks yang marak belakangan ini. Bahkan media sosial mampu menutupi media mainstream seperti televisi dan media elektronik.

Menyikapi fenomena ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kabiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Ferdinandus Setu mengungkapkan pentingnya peranan media mainstream sebagai pilar keempat dalam tatanan demokrasi di Indonesia.

“Yang jelas media, baik itu media cetak, media elektronik, TV dan radio, itu dalam konstelasi demokrasi, merupakan pilar demokrasi keempat, artinya betapa pentingnya media dalam tatanan demokrasi kita,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela diskusi yang bertajuk ‘Tahun Politik, Media Menangkal Hoaks dan Fitnah’ di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018).

Menurut dia, media mainstream menjadi acuan ditengah maraknya kasus hoaks yang tersebar lewat media sosial di tahun-tahun politik sekarang ini.

“Bahwa hari-hari ini, bahwa zaman ini media sosial tumbuh begitu pesat bahkan kadang-kadang, seakan-akan mengalahkan media mainstream, tapi kita pastikan bahwa media sosial itu akan berlalu,” tukasnya.

“Artinya, media cetak dan media elektronik yang adalah media mainstream, justru harusnya menjadi acuan, menjadi rujukan utama jika terjadi masalah atau kemungkinan adanya hoaks,” ulasnya.

Oleh sebab itu, Ferdinandus menegaskan dalam menangkal informasi hoaks, media mainstream haruslah terdepan untuk menyampaikan kepada publik bahwa informasi yang beredar adalah kabar bohong.

“Jadi media mainstream fungsinya adalah media untuk menjadi rujukan jika sebuah informasi itu adalah hoaks atau fakta,” tutur Ferdinandus.

Sementara itu, Ferdinandus juga menandaskan, jika ada media mainstream yang ikut menyampaikan berita bohong maka Kominfo akan selalu berkoordinasi dengan dewan pers untuk mengecek media mainstream tersebut apakah sudah terverifikasi di dewan pers atau belum. (Rhm)

Komentar

News Feed