Kominfo Telah Lakukan Penghentian Siaran Televisi Analog Tahap 1

Kominfo Telah Lakukan Penghentian Siaran Televisi Analog Tahap 1
Kominfo Telah Lakukan Penghentian Siaran Televisi Analog Tahap 1

AKURATNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan penghentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap 1.

Rencananya ASO akan dilakukan dalam 3 tahap, tahap 1 sudah dilaksanakan pada 30 April 2022, sedangkan tahap 2 ditargetkan paling lambat sampai dengan 25 Agustus 2022.

Pemerintah mulai mengimplementasikan penghentian total siaran analog dan digital penuh atau Analog Switch Off (ASO) Tahap I.

Sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021, penghentian siaran analog dimulai tanggal 30 April 2022.

Pada ASO tahap pertama rencananya akan dimulai di 166 kabupaten dan kota serta telah disiapkan infrastruktur multipleksing di 56 wilayah siaran.

Namun sampai saat ini baru terimplementasi di empat wilayah siaran di delapan kabupaten/kota. Pemerintah masih terus berusaha mengejar target yang telah ditentukan.

"ASO itu menjadi pilot project, dan saat ini tim Kominfo bersama dengan stasiun TV di Indonesia, grup-grup yang sudah ditetapkan sebagai penyelenggara multipleksing, sedang melaksanakan koordinasi, mengembangkan, dan melanjutkan ASO di kabupaten/kota dan siaran lainnya di tahap selanjutnya," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.

Plate mengatakan kalau sisa wilayah yang belum beralih ke TV Digital saat ini masih berproses.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Azril Ramadhansyah
Editor: Ahyar

Baca Juga