Komisi V DPR Soroti Kedisiplinan Pilot Lion Air

Jakarta, Akuratnews.com - Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono menyoroti aspek kedisiplinan sejumlah pilot maskapai penerbangan Lion Air. Hal itu lantaran pilot diduga datang mendekati jam terbang pesawat.

Bambang mengatakan semestinya, pilot sudah harus datang dua jam sebelum penerbangan dilakukan. "Bahkan kadang-kadang penumpang ini menunggu kru yang belum datang," ujarnya saat dihubungi Akuratnews.com, Senin (30/10/2018) malam.

Ia mengaku memiliki pengalaman beberapa kali menggunakan jasa maskapai Lion Air. Menurut Bambang, pilot seringkali datang pada saat pesawat sudah mendekati waktu keberangkatan.

"Ini yang gak boleh, harusnya pilot dari pesawat Lion sudah siap dua jam sebelumnya," tukas dia.

Menurut anggota fraksi Partai Gerindra ini, hal itu merujuk aturan yang ada di Kementerian Perhubungan bahwa pilot diharuskan datang dua jam sebelum penerbangan untuk mengecek apakah semua instrumen di pesawat telah bekerja dengan baik. Kendati demikian, ia tidak mau berspekulasi pada pilot Lion Air dalam penerbangan naas JT-610.

"Ini mungkin perlu dilakukan pembenahan di Kemenhub untuk lebih melakukan pengawasan yang cukup ketat terhadap airlines kita," ucap Bambang.

"Kesiapan dari pada pilot, Kemenhub di dalam memantau pesawat sudah siap terbang atau tidak perlu ditingkatkan lagi," pungkasnya. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga