Komjen M. Iriawan Benarkan Dirinya Pernah Dimintai Keterangan Oleh TGPF Kasus Novel Baswedan

Komjen M Iriawan

Jakarta, Akuratnews.com - Sekretaris Utama Lemhannas Polri Komjen M. Iriawan membenarkan dirinya pernah dimintai keterangan oleh tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan. Menurut pria yang biasa disapa Iwan Bule itu, ia diperiksa TGPF Novel dua bulan lalu.

Ketika itu, menurut Iwan, TGPF meminta keterangan terkait pertemuannya dengan Novel dan Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugianto. "Arif itu sahabat Novel yang dulunya polisi di Polda (Metro Jaya). Terus kami berdiskusi di kantor terkait kasus KPK yang bisa kolaborasi," kata Iwan melansir media nasional di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Menurut Iwan, setelah pertemuan itu, ia dan Arif juga sempat mendatangi rumah Novel untuk bersilaturahmi. Selain itu, keduanya juga berkunjung untuk menengok anak Novel yang baru lahir.

Iwan menegaskan, ia tidak ada sangkut pautnya dengan peristiwa penyiraman air keras terhadap Novel. Ia juga mengaku tidak pernah memperingatkan Novel agar waspada. "Tidak pernah. Jangankan dugaan terlibat, orang saya tidak tahu apa-apa," ujar Iwan.

Sebelumnya, anggota tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan, Hermawan Sulistyo membocorkan sebagian langkah TGPF dalam upaya mengungkap pelaku dan dalang intelektual penyiraman air keras terhadap Novel.

Selain memeriksa kembali temuan dari lembaga-lembaga lain sebelumnya dan melakukan penelusuran ke berbagai daerah, menurut Hermawan, TGPF juga telah meminta keterangan sejumlah jenderal bintang tiga.

"Pada kasus ini ada juga beberapa jendral bintang tiga yang kita periksa. Semua yang dituduh kita periksa lagi. Semua yang diperiksa penyidik, kita periksa lagi," ujar Hermawan.

Namun demikian, Iwan mengatakan, ia tidak tahu siapa jenderal bintang tiga lainnya yang turut diperiksa terkait kasus Novel. Iwan juga mengaku tidak pernah ditanyai TGPF terkait jenderal bintang tiga lainnya yang mungkin terlibat.

Penulis: Fajar
Editor: Alamsyah

Baca Juga