Komnas HAM Sebut Brigadir J Tak Tewas di Magelang

Kasatpol PP Makassar, M Iqbal Asnan diduga kuat terlibat dalam kasus penembakan yang menewaskan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Najamuddin Sewang pada Minggu, 03 April 2022.
Kasatpol PP Makassar, M Iqbal Asnan diduga kuat terlibat dalam kasus penembakan yang menewaskan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Najamuddin Sewang pada Minggu, 03 April 2022.

AKURATNEWS - Sebuah temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sepertinya akan mematahkan dugaan yang menyebut Brigadir J tewas saat perjalanan dari Magelang ke Jakarta.

Diungkapkan Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, ada momen canda tawa para ajudan Kadivpropam Polri nonaktif, Irjen Ferdy Sambo sebelum peristiwa penembakan pada Jumat (8/7) dan momen itu terjadi di Jakarta.

"Forum tertawa-tawa itu forum antara ajudan ya, sebelum kematian, lokasinya di Jakarta," kata Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Selatan, Rabu (27/7).

Anam menyebut, dalam momen canda tawa itu juga terdapat Brigadir J. Dengan demikian, dugaan tewasnya Brigadir J saat perjalanan Magelang-Jakarta itu salah.

"Ngobrol nyantai begini dan tertawa-tawa, siapa yang tertawa? Termasuk J. Jadi kalau ini seolah-olah dibunuh dengan tertawa-tawa antara Magelang dan Jakarta, itu salah," ucapnya.

Sebelumnya, dugaan Brigadir J tewas di perjalanan Magelang hingga Jakarta diungkapkan pengacara keluarga, Kamaruddin Simanjuntak. Kamaruddin menyebut dugaan itu didasari pada keadaan bahwa pada Jumat pukul 10.00, Brigadir J masih memberi kabar kepada keluarganya bahwa ia masih mengawal atasan di Magelang. Namun, pukul 17.00, Brigadir J sudah tak merespons panggilan keluarga. Pihak keluarga Brigadir J pun meminta polisi menyita CCTV yang merekam perjalanan dari Magelang hingga Jakarta.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan polisi telah menemukan kamera CCTV sepanjang jalan dari Magelang, Jawa Tengah, hingga rumah Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Polisi nantinya akan menjadikan rekaman CCTV itu sebagai bukti untuk mengungkap kasus penembakan Brigadir J yang diduga tewas di rumah Sambo.

"CCTV sepanjang jalan dari Magelang sampai dengan TKP sini, itu juga sudah ditemukan penyidik," kata Dedi beberapa waktu lalu. (Rie)
[19.00, 27/7/2022] dnovrie: Tiga Ribu Lowongan Dibuka di Bursa Kerja Jaksel

JAKARTA RAYA - Bursa Kerja (Job Fair) digelar Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Selatan di Pasar Raya Blok M, Rabu (27/7/2022).

Di ajang ini, tiga ribu lowongan pekerjaan dari 40 perusahaan dipersiapkan bagi para pencari kerja.

Walikota Jakarta Selatan, Munjirin yang datang membuka ajang ini berharap, para pencari kerja benar-benar dapat memanfaatkannya Job Fair ini dengan melamar pekerjaan pada bidang yang diinginkan.

"Karena tempatnya terbatas maka pengunjung dibatasi lima ribu pencari kerja dalam sehari," ujar Munjirin.

Kasudin Nakertrans dan Energi Jakarta Selatan Fidiyah Rokhim menambahkan, kegiatan Job Fair ini baru pertama kali digelar sejak pandemi Covid-19 mulai mereda dan akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 27-28 Juli 2022.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga