Kompetensi Pelajar SMK di Sidoarjo Harus Lebih Ditingkatkan

Suasana kegiatan "Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bursa Kerja Khusus (BKK) bagi pelajar SMK yang digelar Disnaker Sidoarjo dan dibuka Sekda Achmad Zaini di Gedung SMK TPI Gedangan.
Suasana kegiatan "Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bursa Kerja Khusus (BKK) bagi pelajar SMK yang digelar Disnaker Sidoarjo dan dibuka Sekda Achmad Zaini di Gedung SMK TPI Gedangan.

AKURATNEWS - Kompetensi bagi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sidoarjo harus lebih ditingkatkan, agar ilmu yang dia peroleh dari sekolah ini dapat dipraktekkan saat memasuki dunia kerja.

Hal itu dikemukakan Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini mewakili Bupati Ahmad Muhdlor dalam sambutannya, ketika membuka kegiatan bertajuk "Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bursa Kerja Khusus (BKK) Sistem Antar Kerja dalam Jejaring Info Lowongan Kerja AKL, AKAD dan AKAN" yang digelar Disnaker Sidoarjo, bertempat di Gedung SMK Taman Pendidikan Islam (TPI) Gedangan, Sidoarjo, Rabu (15/9/2021).

"Ada banyak faktor meningkatkan kompetensi siswa SMK itu. Selain peran guru, juga ditunjang sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Semisal, tersedianya akses praktek di dalam dan luar sekolah. Kalau faktor ini terpenuhi, kompetensi mereka dipastikan bagus," paparnya.

Lalu, Zaini menambahkan, kegiatan tersebut untuk memfasilitasi para lulusan SMK yang akan terjun ke dunia kerja.

"Kini, Disnaker Sidoarjo menyediakan bursa kerja baik lokal, antar daerah maupun antar negara yang sudah di-range (himpun) dan bisa dipilih. Termasuk, peluang magang di dua perusahaan di Jepang yang masih dalam tahap penjajakan kerja sama," tuturnya.

Kemudian, Kepala Disnaker Sidoarjo, Fenny Apridawati menjelaskan, angka pengangguran terbuka di Sidoarjo tertinggi di Jawa Timur. Yakni, mencapai 10,97% dan kontribusi paling besar adalah lulusan SMA dan SMK.

"Karenanya melalui kegiatan ini, diharapkan lulusan SMK bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Terlebih, bila mereka mau memilih jadi pengusaha, maka multiplier effect (efek berganda) terhadap penurunan angka pengangguran terbuka akan lebih efektif," ujarnya.

Selanjutnya, Kepala SMK TPI Gedangan, Ashari sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan Disnaker Sidoarjo itu.

"Semoga kegiatan ini bisa membimbing dan menambah pengalaman anak didik kami. Insha Allah, anak didik kami bisa magang ke Jepang tahun mendatang," pintanya.***

Baca Juga