Komplotan Perampok Mengaku Petugas PLN Di Ringkus Polisi

Komplotan perampok dan sejumlah barang bukti dihadirkan saat jumpa pers di Tanah Abang, Jakarta. Kamis (13/2/2020). foto : Dany Krisnadhi/ANCphoto

Jakarta. Akuratnews - Polres Metro Jakarta Pusat berhasil meringkus komplotan perampok dengan modus mengaku sebagai pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Komplotan perampok yang berjumlah 4 orang berinisial JF alias PND, SR alias EN, RA alias J dan MS alias DG ini ditangkap satuan reserse kriminal (Reskrim) gabungan Polres Metro Jakarta Pusat dan Polsek Metro Tanah Abang.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto S.IK mengatakan, modus operandi para tersangka berawal sebagai petugas dari PLN yang mengecek kabel yang ada didalam rumah di kampung bali 1 Rt.05/07, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (29/1/2020) yang lalu.

"Modusnya, salah satu Pelaku mengajak ngobrol korban yang sudah lansia (lanjut usia), tanpa disadari korban, tersangka JF alias PND masuk kedalam kamar dan membongkar lemari serta laci menggunakan obeng untuk mengambil barang berharga," kata Kapolres Kombes Pol Heru Novianto S.IK saat rekonstruksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kampung Bali 1, Tanah Abang. Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Lanjut Kapolres, para pelaku yang sudah kerap kali beraksi ini menggondol sejumlah barang berharga milik korban senilai 10 juta rupiah dan 2000 Ringgit Malaysia.

"Komplotan pelaku ini sudah enam kali melakukan kejahatan dengan modus yang sama dibeberapa wilayah," ungkapnya.

Atas perbuatannya, Para komplotan pelaku terancam 7 (tujuh) tahun kurungan penjara sesuai dengan pasal 363 KUHP.

"Kepada warga masyarakat, agar selalu hati-hati dan waspada terhadap tamu yang belum dikenal dan jangan mudah percaya begitu saja walau orang tersebut mengaku dan mengatasnamakan petugas PLN maupun Instansi manapun," pungkas Kapolres. (akuratnews).

Penulis:

Baca Juga