Komunikatif Cegah Stunting, Kader Posyandu di Sinjai Ikuti Orientasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik membuka orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Pencegahan Stunting. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Puluhan kader posyandu di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengikuti orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dalam pencegahan stunting.

Fasilitator orientasi KAP ini berasal dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dan Universitas Hasanuddin Makassar.

Orientasi yang berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Srikandi Sinjai ini, resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Emmy Kartahara Malik, Senin (15/11/2021).

Emmy mengatakan, orientasi KAP dapat menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memberi edukasi kepada masyarakat sesuai konteks sasaran, dengan memastikan pengembangan pesan sesuai dengan kebutuhan kelompok sasaran seperti posyandu.

Selain itu, kata dia, dengan dilaksanakannya KAP, diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih positif sebagai salah satu upaya percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Sinjai.

“Pertemuan orientasi hari ini dengan bantuan pendampingan oleh fasilitator dari Universitas Hasanuddin, diharapkan akan menghasilkan petugas dan kader di fasilitas pelayanan, dan menjadi terlatih KAP pencegahan stunting di Sinjai,” ujarnya.

"Melalui KAP, juga dapat menjadi sarana untuk sharing informasi dan penggalangan komitmen, baik dari lintas sektor maupun pengelola program di dinas kesehatan untuk percepatan pencapaian penurunan stunting dan pencapaian indikator SDG di Kabupaten Sinjai," tambahnya.

Dalam orientasi KAP ini menghadirkan Sekretaris Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Makassar, Muhammad Rachmat sebagai narasumber. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga