Bakal Memilih Ketua Chapter DKI Jakarta

Komunitas East Crew Auto Club Indonesia Siap Gelar Musda

Jakarta, Akuratnews.com - Komunitas otomotif East Crew Auto Club Indonesia siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih ketua chapter DKI Jakarta, periode 2020-2022 yang sebelumnya dipegang oleh Ketua Eastcrew Jakarta, Nabil. Dua kandidat yang bakal menggantikan Nabil yaitu, calon 01, Fauzan Nabila Hakim dan calon 02, Kevin Pua.

Agenda Musda ini menurut Ketua Umum East Crew Auto Club Indonesia Faisal Faroby, sudah sejalan dan sesuai dengan AD dan ART dari komunitas otomotif yang telah didirikan sejak tahun 2011 yang lalu ini.

"Di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga East Crew Auto Club Indonesia, kita memang punya aturan jika setiap dua tahun sekali harus ada pergantian ketua di setiap chapternya. Nah untuk kali ini yang akan ada pergantian ketua itu jatuh pada chapter Jakarta. Karena itu, penting kiranya malam ini kita menggelar pertemuan untuk mengenalkan dua kandidat dimana mereka juga akan menyerahkan formulir pendaftaran sebagai syarat kelengkapan." Ujar Faisal Faroby dalam konferensi pers yang digelar di Kaneki Coffe Jakarta Timur, Minggu (6/9/2020).

Menurut Ketua Umum yang akrab disapa Oby ini, pergantian ketua khususnya chapter Jakarta, selain untuk adanya regenerasi, juga untuk memberi kesempatan kepada setiap anggota East Crew Auto Club Indonesia Jakarta, untuk merasakan bagaimana nanti ketua terpilih bisa menyelesaikan sejumlah persoalan baik internal maupun eksternal East Crew Auto Club Indonesia khususnya di ibukota ini.

"Dengan adanya Musda ini saya berharap akan ada regenerasi dan ide-ide baru dari ketua terpilih nanti untuk menghidupkan kembali komunitas ini yang tentunya memang tak lepas juga oleh adanya sejumlah persoalan baik di dalam maupun di luar. Musda ini juga merupakan sebuah proses demokrasi yang ingin kami tunjukan kepada publik." Lanjut Faroby.

Bagi calon ketua chapter Jakarta, Faroby menjelaskan bahwa kedua kandidat yakni Fauzan dan Kevin telah memenuhi semua tahapan yang dipersyaratkan dalam AD dan ART East Crew Auto Club Indonesia, yakni harus mengisi formulir pendaftaran yang malam itu diserahkan oleh kedua kandidat kepada Ketum Faroby.

Sementara itu Ketua Eastcrew Jakarta yang sebentar lagi akan melepas jabatannya Ahmad Nabil mengatakan bahwa kedua calon penggantinya telah memiliki kapasitas yang baik.

"Kedua kandidat memang sudah pernah menjadi pengurus dan anggota. Kevin misalnya, sejak 2015-2017 pernah menjadi pengurus dan Fauzan juga pernah jadi anggota di chapter yang saya pimpin. Jadi saya melihat keduanya punya potensi besar bisa menjadi ketua." Ungkap Ahmad Nabil.

Jelang melepas masa jabatannya, Ahmad Nabil memiliki sejumlah catatan penting kepada kedua kandidat. Hal itu menurutnya harus bisa dilakukan oleh siapapun nanti yang akan terpilih menggantikan posisinya.

"Ya untuk kedua kandidat, saya rasa yang paling penting harus bisa menguatkan lagi solidaritas khususnya East Crew chapter Jakarta. Selain itu keduanya harus bisa membuat relasi ke organisasi auto club lain. Ini PR mereka berdua." Imbuh Nabil.

Pada kesempatan itu kedua kandidat mendapat kesempatan untuk menyampaikan visi misi masing-masing jika nanti terpilih menjadi ketua East Crew Jakarta.

Fauzan kandidat 01 menjelaskan bahwa visi dan misinya menjadi role model dan menjalin kekeluargaan di antara sesama anggota.

"Visi saya yaitu, East Crew Auto Club Indonesia chapter Jakarta merupakan sebuah auto club yang berperan penting sebagai role model bagi pertumbuhan dan perkembangan auto club di Indonesia. Sedangkan misi saya adalah menjalin kekeluargaan dengan cara bersosialisasi dan saling menghargai antar anggota. Kedua juga ingin ikut serta pada event-event otomotif. Ketiga menjalin hubungan baik dengan komunitas otomotif lain." Terang Fauzan.

Sementara itu, visi misi kandidat 02 Kevin Pua lebih menekankan kepada kreatifitas para anggota serta hal lainnya.

"Visi saya menjadikan East Crew Jakarta sebagai auto club yang menjunjung tinggi solidaritas sesama anggota serta meningkatkan kreatifitas dan eksistensi di tengah penggemar otomotif di Jakarta. Sedangkan misi saya meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar seluruh anggota dengan mementingkan acara bersama. Kedua sebagai wadah kreatifitas anggota seperti balap, modifikasi dan kegiatan sosial yang bersifat positif. Ketiga, memberikan sumbangan pikiran, tenaga dan waktu untuk berpartisipasi dalam kegiatan otomotif atau sosial. Ke empat, melaksanakan seluruh program kerja yang sudah disusun dan terakhir meningkatkan mutu kerja pengurus." Papar Kevin Pua.

Untuk pemilihan Ketua East Crew Chapter Jakarta nanti akan menggunakan sistem 1 man 1 vote (1 orang 1 suara), total anggota chapter Jakarta sebanyak 67 orang.

Mekanisme pemilihan di chapter Jakarta harus melakukan registrasi ulang yang dibarengi dengan gathering terakhir kepengurusan periode Ahmad Nabil yang diselenggarakan kurang lebih 1 minggu sebelum musyawarah chapter.

Musyawarah chapter sendiri akan diadakan pada tanggal 25 September 2020 di Queenshead Kemang (jika tidak ada perubahan). Musyawarah chapter ini penyelanggaranya adalah kepengurusan Ahmad Nabil. Agenda kegiatan dari musyawarah chapter diantaranya mulai dari laporan pertanggungjawaban ketua dan pengurus, pemaparan visi misi calon ketua, debat, voting tertutup/terbuka (tergantung keputusan musyawarah yg akan di tentukan pimpinan sidang), dan penetapan ketua terpilih.

Seperti diketahui East Crew Auto Club Indonesia didirikan pada 1 April 2011 di Jakarta. Mengusung jargon "We are more than just an auto club, we are family", East Crew Auto Club Indonesia telah mempunyai 22 chapter yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota sebanyak 1000 orang dan masih akan terus bertambah.

Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, hingga pengusaha. Sesuai dengan jargonnya, East Crew bukan hanya sekedar sarana hobi dan wadah untuk tempat berkumpul semata, namun juga sebagai tempat pengembangan bisnis yang sifatnya kekeluargaan

Untuk mempererat rasa kekeluargaan tersebut, East Crew melaksanakan gathering rutin setiap 2 minggu sekali. Hingga saat ini, East Crew sudah banyak mewakili kompetisi drag race, kontes mobil, kompetisi drift di Indonesia, dan sudah mengantongi beberapa piala.

Penulis: Alamsyah
Editor:Atta

Baca Juga