Komunitas Ekonomi Kreatif SOLAT Siap Di Dukung Pemprov DKI Jakarta

Komunitas Solidaritas Anak Tanah Abang (SOLAT) diterima oleh Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi DKI Jakarta, Soetanto Soehodho. (akuratnews.com)

Jakarta, akuratnews.com - Ada fenomena menarik saat ini yang jika kita hindari, hampir pasti kita malah akan tergilas oleh perkembangannya. Sejak kemunculan internet di era 60-an, kemajuan digital tanpa bisa kita bendung, merambah hampir di semua sektor.

Pada sektor ekonomi, berhasil memunculkan apa yang kini dimaknai sebagai ekonomi kreatif. Sebuah tatanan ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, dengan mengandalkan pada ide dan pengetahuan.

Atas dasar inilah Solidaritas Anak Tanah Abang (SOLAT) sengaja dihadirkan. Hal tersebut disebabkan, karena pada tatanan ekonomi ini, kapasitas sumber daya manusia menjadi faktor produksi utama, karena harus melahirkan industri kreatif sebagai pengejawantahannya.

SOLAT sendiri adalah sebuah komunitas masyarakat ekonomi kreatif, yang terus bergerak aktif menjalankan safari SOLAT, pada bidang teknologi dan industri, dengan program-program yang fokus pada segmen ekonomi digital. Karena itu, SOLAT siap mendukung seluruh kegiatan ekonomi di wilayah Tenabang pada khususnya, dan di wilayah DKI Jakarta pada umumnya.

Untuk mensukseskan agenda tersebut, SOLAT merasa perlu bersinergi dengan seluruh stakeholder di wilayah Tenabang, maupun pemangku kebijakan di Provinsi DKI Jakarta. Atas dasar itulah, SOLAT harus selalu menggelar silaturahmi dengan pemangku kebijakan di Pemprov DKI Jakarta.

Akhirnya, pada Selasa 10 September 2019, SOLAT kembali bersilaturahmi dan beraudiensi dengan Pemprov DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, SOLAT diterima langsung oleh Soetanto Soehodho, Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi DKI Jakarta kemudian di serahkan kepada Bapak Sinaga sebagai Asisten Deputi Gubernur, untuk memimpin jalannya rapat sampai dengan selesai.

SOLAT hadir memperkuat tali silaturahmi yang bermartabat dan intelek. Artinya, ide, konsep, kemajuan, dan dijalankan dari kemungkinan yang realistis, terukur, dan pastinya, mengedepankan kearifan lokal.

Dari hasil paparan yang disampaikan Kepala Bagian Perindustrian dan Teknologi, Pengurus Pusat SOLAT Muhammad Hendry, memaparkan mengenai apa saja yang sedang dikembangkan komunitas SOLAT untuk pengembangan komunitas kedepannya, yakni Core System SOLAT Tenabang (ICT System Integrator/SI, API, IoT, Ticketing System & Tracking Fleet Management System), start up digital, ada juga mini ATM hasil Product Design dari Anak Komunitas SOLAT (Lokal Design) yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk beli tiket, untuk pembayaran voucher, ppob, bpjs dan lain-lain, serta juga bisa menggunakan kartu debit dan kartu kredit, dan masih banyak hal lainnya yang dikupas singkat tetapi begitu jelas dari apa yang sudah digiatkan secara kreatif oleh Anak Komunitas SOLAT.

Respon positif dan antusiasiasme datang dari Asisten Deputi Gubernur dan juga seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

"Membangun perkonomian bareng-bareng, memberdayakan warga Tenabang dengan azas kebersamaan, mendukung dan memprakarsai pencapaian kesejahteraan masyarakat tenabang dan sekitarnya dalam bentuk kegiatan ekonomi yang berkelanjutan dan berdampak pada lingkungan, adalah bagian dari maksud dan tujuan SOLAT," demikian dikatakan Ketua Umum SOLAT, yang biasa disapa Bang Mimi.

Menurutnya, SOLAT fokus dan siap mendukung kerja-kerja pada program ekonomi disegala bidang, khususnya pada ekonomi digital. Menurutnya, ada pergeseran perdagangan dari dunia offline menuju dunia online. Kita sudah hadapi itu, dan juga sudah banyak yang merasakan transaksi e-commerce ini," tegas Bang Mimi.

Bang Mimi menambahkan, sebelumnya tim dari SOLAT juga bersilaturahmi dengan Kepala Bagian Perindustrian, Energi, KUKM, serta Perdagangan Biro Perekonomian DKI Jakarta dan Kadiv BINMAS Polda Metro Jaya.

"Harapan kita, semoga tercipta kolaborasi yang segera terjalin bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dari kegiatan dan kreativitas anak negeri, wabil khusus dari hadirnya Anak Komunitas dari wilayah Tanah Abang," demikian ditutup Sekjen SOLAT, Heru Hermawan.

Penulis: Ahyar
Editor: Hengki. L

Baca Juga