Kondisi Cuaca Menjelang Lebaran 2017 Di Perkirakan Akan Bervariasi

Jakarta, Akuratnews.com - Kondisi cuaca menjelang Lebaran 2017 diperkirakan akan bervariasi. Di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara cuaca cenderung cerah berawan.

"Beberapa lokai masih terdapat potensi hujan ringan-sedang pada sore hari, khususnya di Jawa bagian Barat. Sehingga masyarakat yang berkendara dihimbau agar tetap mencermati daerah-daerah yang berpotensi hujan berpotensi memicu risiko kecelakaan," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Andi Eka Sakya M.Eng, Jumat (16/6/17), saat acara bukber BMKG dan jumpa pers Cuaca dan Iklim Jalur Mudik Lebaran 2017, di Kantor BMKG, Jl. Angkasa I No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Untuk wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimatan bagian Barat, Sulawesi, Maluku dan Papua diperkirakan masih memiliki potensi hujan yang cukup tinggi pada akhir Juni 2017, frekuensi hujan lebat juga masih akan muncul di kawasan tersebut. Sedangkan untuk awal musim kemarau pada tahun ini, diperkirakan akan mundur (48,2 persen), Sama (33,5 persen), dan Maju (18,3 persen).

"Untuk puncak musim kemarau diperkirakan pada bulan Juli- September 2017 dan kembali musim hujan diprediksi pada bulan November-Desember. Karena itu, bagi para pemudik yang ingin mengetahui cuaca saat berkendara ke kampung halaman, pihak BMKG menyiapkan aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store dengan Info BMKG," ujarnya.

Dengan aplikasi mobile ini, para pemudik dapat lebih mudah mengetahui informasi cuaca saat menuju kampung halaman, baik itu cuaca mudik melalui jalur darat, maritim mapun bandara, dengan adanya aplikasi tersebut para pemudik dapat mengetahui secara rutin setiap 30 menit mengenai informasi terkini mengenai cuaca. (Dd)

Penulis:

Baca Juga