Kondisi Pandemi Covid-19, Panca Marga Inovasi Koperasi Digital

Suasana Penandatangan MoU antara PP PPM dan Perusahaan Internasional, dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 dan peningkatan Perekonomian Masyarakat melalui Koperasi Digital. Tampak Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga, Samsudin Siregar. SH yang juga Mantan Anggota DPR RI Komisi 3 (Berbaju Hijau), didampingi oleh Jubir PP PPM Sabena, S.IKom.M.IKom (Kerudung Merah).

Pemikiran Inovatif

Sementara itu, Juru Bicara PP PPM Sabena S.IKom, M.IKom, mengatakan bagaimana bisnis yang digagas oleh Mantan Anggota Komisi III DPR RI tersebut bermuatan inovatif, khususnya dalam menekan penyebaran virus sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat. Pemikiran yang visioner guna mendukung program pemerintah yang positif, tentunya demi kesejahteraan masyarakat.

"Beliau berusaha mendukung pemerintah sepenuh hati dalam hal ini bentuknya adalah dengan cara bukan hanya wacana. Tetapi beliau menciptakan satu hal yang positif mendukung pemerintah dengan cara membuat bisnis atau usaha tani. Dengan kopi yang beliau lakukan sekarang ini, tujuannya untuk memberdayakan seluruh anggota Pemuda Panca Marga dan masyarakat lainnya," jelasnya.

"Selain menekan tingkat proses penularan, juga akan membantu pemerintah dalam transaksional pembeliannya dan tidak lagi konvensional. Ke depan ini juga nanti akan digunakan walaupun bank di Indonesia baru beberapa yang menggunakan," tambahnya.

Sabena mengatakan, banyak anak millenial yang bukan hanya anak-anak perubahan. Hidup dianalogi dengan kehidupan zaman dahulu dan sekarang. Di era milenial ini bagaimana menyesuaikan satu perubahan untuk menghadapi kedepannya

"Saya berharap, di mana saya selaku pendidik juga berharap adanya edukasi, adanya sosialisasi dari pemerintah melakukan beberapa pemahaman kepada masyarakat. Ketika masyarakat ini paham, artinya masyarakat ada kebutuhan tersendiri. Ketika masyarakat sudah ada kebutuhan dan menyangkut nilai positif, mereka akan berusaha menyesuaikan diri pada beberapa Hal, itu yang saya garis bawahi. Kita akan membutuhkan sosialisasi dan berharap dari pemerintah adanya edukasi, sosialisasi pemahaman kepada masyarakat dan merangkul seluruh pihak untuk kita menjalankan hal tersebut," paparnya.

Pengusaha tambang dan pertanian Doktor Sutandi, turut mengomentari apa yang dibangun dan digagas oleh PPM, dimana dia mendukung dan menyambut baik inovasi, ide, gagasan yang brilian dari Samsudin Siregar. SH. Yang rela mengorbankan waktu, dana dan pemikiran yang luar biasa demi terciptanya satu kondisi yang kondusif agar masyarakat dapat terbantu, begitu juga dukungan yang luar biasa kepada pemerintah, kepada nasib rakyat kecil.

"Ide pak Samsir yang sudah membuat koperasi digital solusi Indonesia ini bukan lagi wacana, akan tetapi sudah ada. Berbuat terlebih dahulu, itu hal yang luar biasa," ucapnya.

Menyambut ucapan Sutandi, pengamat Digipreneur Akademy Ir. Robert Riovanni, MM, Ph.D., berujar, "apa yang di lakukan oleh Samsir menciptakan peluang inovatif, yang di luncurkan oleh pemimpin visioner ini sangat bagus. Pemerintah terbantu, masyarakat terbantu dan sangat bermanfaat untuk kedepannya, dimana kita semua harus mulai bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi saat ini. “

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga