Konflik, Ide Rekonsiliasi Tepat Sesuai dengan Budaya Bangsa

Akuratnews.com - Tjokroaminoto institute bersama ratusan kaum milenials melakukan deklarasi relawan pancasila di kawasan Grogol, Jakarta Barat, pada Selasa 1 Desember 2020. Deklarasi yang mengangkat isu rekonsiliasi ini dilakukan sebagai bentuk langkah antisipatif terhadap konflik ideologi yang terjadi akhir-akhir ini.

Pemilihan Umum Presiden 2019 meninggalkan jejak kelam yang sampai kini belum juga hilang. Seiring berjalannya pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin, jejak kelam yang diwarisi saat kampanye Pemilu Presiden 2019 terus mengental dan menguat. Di beberapa daerah mengarah pada konflik horizontal. Rekonsiliasi menjadi pilihan tepat di tengah kondisi saat ini.

Direktur Tjokroaminoto Institute Syafeii Efendi mengatakan pihaknya sedang menggelorakan ide untuk merekonsiliasi ideologi bangsa yang hingga hari ini konflik ideologi di bangsa kita ini begitu tinggi. Sehingga negara tidak produktif untuk membangun.

"Saya rasa butuh semangat bersama-sama rekonsiliasi idiologi. Kanan, kiri, tengah semuanya adalah pencinta bangsa. Kami adalah pemilik bangsa, masa depan bangsa ada di tangan kami anak-anak muda," ujarnya kepada awak media, Selasa, 1 November 2020.

Dirinya menegaskan, sudah saatnya anak-anak muda dipertontonkan rekonsiliasi yang benar terhadap bangsa kita. Dan melalui program ini l, Cokroaminoto Institut punya visi untuk menyatukan bangsa, segenap hati bangsa untuk tidak ada lagi konflik, tidak ada lagi perseteruan yang tidak penting agar negeri ini bisa benar-benar produktif," tegasnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga