Korlantas Polri Tegaskan Tidak Ada Penilangan Bagi Pengendara Sepeda Motor yang Pakai Sandal Jepit

Polri Tegaskan Tidak Ada Penilangan Bagi Pengendara Sepeda Motor yang Pakai Sandal Jepit
Polri Tegaskan Tidak Ada Penilangan Bagi Pengendara Sepeda Motor yang Pakai Sandal Jepit

AKURATNEWS - Ramainya pemberitaan yang menyebut bahwa pengendara motor memakai sandal jepit akan di tilang oleh Polisi adalah tidak benar.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menegaskan, tidak ada tilang untuk pengendara roda dua yang menggunakan sandal jepit.

Ia mengatakan, petugas hanya akan memberikan imbauan dan edukasi jika menemukan pengendara menggunakan sandal jepit.

Hal ini dilakukan oleh petugas Korlantas Polri, karena banyak sekali kecelakaan-kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan sepeda motor.

Dalam kedepannya, Kakorlantas yakin masyarakat akan mulai sadar memproteksi diri, dengan peralatan lengkap saat berkendara, khususnya sepeda motor.

Sejak beredar kabar mengenai tidak boleh menggunakan sandal jepit saat mengendarai motor, banyak tanggapan beragam dari pengguna motor itu sendiri.

Berbagai kalangan masyarakat banyak yang membicarakan terkait pengguna motor dilarang memakai sandal jepit saat berkendara.

Namun banyak masyarakat banyak yang salah menanggapi soal pengguna motor tidak boleh memakai sandal jepit.

Diberitakan sebelumnya, Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi memberi himbauan penggunaan sandal jepit saat berkendara sepeda motor.

Himbauan ini diberikan dengan alasan keselamatan bagi pengendara untuk melindungi dari kejadian tak terduga.

"Ini sudah komitmen kita mengajak masyarakat tentunya harus tertib dari diri kita terlebih dulu. Masyarakat membantu dengan memunculkan kesadaran, mengajarkan hal-hal yang baik untuk anaknya dan yang paling gampang itu (dari) orang terdekat" tutur Firman di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 13 Juni 2022 kemarin.

"Jadi jangan kasih contoh dikira anaknya nggak ngerti bapaknya bilang 'Deket aja Pak di situ, biar nggak pakai helm', naik motor pakai sandal jepit," sambungnya.

Menurut Kakorlantas tersebut, kebiasaan itu harus mulai dihilangkan. Karena sandal jepit tak dapat melindungi bagian kaki pengendara motor.

"Mohon maaf saya bukan me-stressing pakai sandal jepitnya, tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu. Karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas," jelas Firman.***

Penulis: Sumantri Kalimantoro
Editor: Ahyar

Baca Juga