Kornelis Dola: Sepak Bola Manggarai Menghidupkan Ekonomi Masyarakat

Apel Pembukaan Seremonial Turnamen Sepak Bola Golowoi Cup I Tahun 2022.

Akuratnews-Berbagai turnamen cabang olahraga Sepak Bola di beberapa tempat di Kabupaten Manggarai, NTT tahun 2022, pasca pemulihan dari Covid-19, mendapat sambutan positif dari berbagai kelompok masyarakat. Tercatat sejumlah turnamen Sepak Bola di gelar mulai antar Desa, antar Kecamatan, hingga klub selevel Kabupaten Manggarai diadakan atas motif kesadaran dan fanatisme masyarakat Manggarai sendiri. Hari ini pula dilaksankan Apel pembukaan seremonial kegiatan turnamen sepak bola antar klub di Kecamatan Cibal Barat, Manggarai, NTT, Sabtu 10 September 2022.

"Saya melihat kesadaran dan fanatisme masyarakat Manggarai soal sepak bola lokal sangat tinggi. Kita lihat berbagai ajang perlombaan pasca Covid-19 dibeberapa tempat", ujar Kornelis Dola, usai mengikuti Apel Seremonial pembukaan Sepak Bola di Kecamatan Cibal Barat.

Laga Perdana. Turnamen Golowoi CUP I, Penggalangan Dana untuk Pembangunan Gereja Stasi Waecodi Cibal Barat. Foto|Akuratnews

Kornelis Dola yang digadang-gadang menjadi bakal calon Bupati Manggarai 2024 ini, menerangkan sepak bola bagian dari proses menggali potensi dan bakat anak muda. Namun lebih penting menurutnya, sepak bola mampu menghidupkan ekonomi masyarakat dan kontribusi lebih bagi pembangunan daerah Kabupaten Manggarai.

"Tentu saja secara pribadi apresiasi dengan berbagai turnamen. Misalkan saja Turnamen ini dibuat untuk pembangunan gereja Katolik Golowoi stasi Waecodi. Saya pikir ini bagian dari dampak baik dari niat kita semuanya. Sepak bola bukan saja menghibur masyarakat semata, tetapi ada dampak bagi semua orang melalu kontribusi pembangunan fasilitas umum. Karena itu cara kita memandang sepak bola mesti berubah", jelasnya.

Dia menambahkan, sepak bola merupakan sumber ekonomi jika manajemen pengelolaannya baik. Pemain-pemain yang berbakat diberi fasilitas dan jaminan melalui pendampingan, dan pendidikan.

"Tentu harapannya, pemain-pemain berbakat diberi pendampingan melalui pendidikan beasiswa di bidang olahraga. Karena itu menambah semangat anak-anak muda, Manggarai pada umumnya. Namun itu butuh kerjasama kita semua, bukan saja pemerintah dan Swasta saja, tetapi keterlibatan penuh masyarakat sangat penting", terangnya.

Karena Itu, Kornelis Dola mengungkapan terimakasih atas panitia yang mengundangnya dalam keikutsertaan dalam Apel Pembukaan seremonial di Turnamen Golowoi Cup I. Dia berharap semoga pembangunan gereja katolik Wae Codi cepat rampung sesuai target bersama.

"Tentu, saya sampaikan terimkasih untuk panitia dan masyarakat Kecamatan Cibal Barat dan teman-teman yang mengundang saya. Meski dengan cara saya sendri memberikan dukungan atas kegiatan ini. Harapannya, turnamen ini berjalan baik, karena itu junjung tinggi sportivitas. Selain itu, pembangunan Gereja Katolik Wae Codi Cepat rampung. Selamat bertanding", tegas pria keturunan Cibal ini.

Sementara itu Ketua Panitia, Arlan Nala mengungkapkan, anak-anak muda Kecamatan Cibal Barat memiliki energi dan semangat dalam dunia sepak Bola.

"Anak-anak muda kecamatan Cibal Barat punya keinginan, punya niat untuk terus melatih diri dalam hal olahraga sepak bola", jelasnya.

Namun, menurut alumni GMNI Makasar ini, selain mengembangkan bakat anak muda, turnamen ini bentuk penggalangan dana yang nantinya akan didonasikan untuk pembangunan gereja. Karena itu butuh dukungan moril dan materil dari semua pihak.

"Disisi lain kami OMK Golowoi beserta beserta OMK Medah atau yang tergabung dalam tiga anak kampung yaitu Golowoi, Podor dan Medah melihat progres pembangunan Kapela ST. Kamelian Golowoi stasi Weacodi membutuhkan dukungan berupa dana materil demi kelanjutan pembangunan", tegas Arlan.

Turnamen ini, dibuka oleh Bapak Maksi Gandur dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Bapak Matias Masir, Kabag Pembangunan Nober Caling, Camat Cibal Barat dan puluhan tokoh masyarakat.

Sementara itu Turnamen ini diikuti oleh 40 klub kesebelasan. 38 kesebelasan berasal dari wilayah Cibal Barat dan Cibal yang berada di wilayah paroki St. Mikael Beanio, sementara tiga klub diundang khusus dari luar oleh panitia turnamen.***

Penulis: Denis

Baca Juga