Korsel Akan Kirim 1 Juta USD dan Tim SAR Bantu Gempa Sulteng

Jakarta, Akuratnews.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akan menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar 1 Juta USD kepada Pemerintah Indonesia untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Diharapkan, bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang keluarganya meninggal atau mengalami kerugian harta benda.

"Bantuan kemanusiaan tersebut diharapkan bisa turut mempercepat proses pemulihan awal dan memenuhi kebutuhan darurat bagi warga setempat," demikian keterangan resmi Kedutaan Besar Korea Selatan, Minggu (30/9/2018).

Terkait hal tersebut, Pemerintah Korea Selatan akan berkonsultasi dengan kementerian terkait. Rencananya, Korsel akan mempertimbangkan pengiriman tim SAR ke Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia pada hinggu Minggu (30/9) siang, jumlah korban meninggal telah mencapai 832 orang, 540 orang luka-luka, 29 orang belum ditemukan.

Hingga kini, Pemerintah sedang mencari tahu terkait skala kerugian dan jumlah korban dikarenakan terputusnya jembatan, sambungan komunikasi dan lain-lain. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga