oleh

Korut Berusaha Lindungi Kemampuan Nuklir dan Rudalnya

New York, Akuratnews.com – Program rudal balistik dan nuklir Korea Utara (Korut) masih utuh dan negara Pyongyang tengah bekerja untuk memastikan kemampuannya tidak dapat dihancurkan oleh serangan militer apa pun. Demikian bunyi laporan rahasia para pemantu sanksi PBB.

Laporan PBB menemukan bahwa Pyongyang menggunakan fasilitas sipil, termasuk bandara, untuk merakit rudal balistik dan pengujian dengan tujuan mencegah serangan ‘pemenggalan’ secara efektif pada lingkup yang lebih kecil sejumlah lokasi perakitan dan pabrik nuklir serta rudal yang diidentifikasi.

Laporan itu mengatakan menemukan bukti jika Korut menyebar lokasi perakitan, penyimpanan dan pengujian rudal serta nuklirnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (5/2/2019).

Misi Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan PBB setebal 317 halaman, yang akan diajukan kepada anggota Dewan Keamanan pada hari Jumat nanti.

Laporan kepada 15 anggota komite sanksi Dewan Keamanan PBB itu muncul sebelum pertemuan puncak kedua antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korut Kim Jong-un yang direncanakan pada akhir bulan ini. Pertemuan awal mereka terjadi pada Juni 2018 lalu dan Jong-un berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi. Presiden AS Donald Trump memuji kemajuan luar biasa dalam urusan terkait dengan Korut.

Sementara itu, para pejabat Korea Selatan (Korsel) mengatakan mereka dan AS bisa mencapai kompromi yang dapat mempercepat denuklirisasi Korut yaitu pembongkaran kompleks situs nuklir utama Yongbyon, yang dapat dibalas dengan langkah-langkah AS termasuk secara resmi mengakhiri Perang Korea 1950-1953 dan pengaturan sebuah kantor penghubung. (Rio)

Loading...

Komentar

News Feed