KPAI Terima Lima Laporan Keterlibatan Anak dalam Kampanye Politik

Jakarta, Akuratnews.com - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengatakan, hari ini Senin (12/11/2018) KPAI menerima lima laporan terkait dengan keterlibatan anak dalam kampanye politik.

"Pertama, laporan pengaduan video anak pramuka yang menyerukan #GantiPresiden2019, itu sedang kita lakukan proses klarifikasi," kata Jasra di Gedung KPAI, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).

Kemudian laporan kedua lanjut dia, terkait dengan pelibatan kampanye anak dalam program #Deklarasi Gerakan Emak-emak dan Anak Minum Susu (Emas) pada Rabu (24/10) lalu di Stadion Klender, Jakarta Timur. "Masih proses klarifikasi pada panitia," tukasnya.

Ketiga, dugaan penyalahgunaan anak untuk kepentingan politik kelompok tertentu saat aksi 2 November 2018, di Jakarta Pusat. "Anak naik ke atas panggung dan menyerukan pilih nomor 02 dan tinggalkan nomor 01," ucap Jasra.

Selanjutnya, keterlibatan anak dalam perang tagar #2019 Ganti Presiden dan #Dia Lagi Sibuk Bekerja. Terakhir, laporan terkait Pondok Pesantren (Ponpes) yang menyatakan dukungan terhadap pasangan calon 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

"20 Ponpes dukung deklarasi Jokowi dua periode kelompok bernama Santri Militan Jokowi atau Samijo dengan melibatkan anak-anak di Banten," imbuh Jasra. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga