KPK Akan Pelajari Putusan MK untuk Tentukan Sikap Soal Angket DPR

Gedung KPK

Jakarta, Akuratnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mempelajari secara komprehensif putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memutuskan sikap soal hak angket yang digulirkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terhadap KPK.

"Hasil pembahasannya ini tentu akan sangat berpengaruh nantinya terkait dengan bagaimana sikap KPK dan juga bagaimana relasi KPK dengan DPR, khususnya dengan Pansus Hak Angket. Jadi itu masih perlu kami pelajari lebih lanjut," kata Febri Diansyah, juru bicara KPK di Jakarta, Kamis (08/02/18).

Karena itu, KPK belum bisa memutuskan sikap atas hak angket DPR tersebut, karena setelah MK memutuskan menolak uji materi yang diajukan sejumlah karyawan KPK, KPK akan membaca serta menganalisis secara detail dan mendalam.

"Sejauh mana konsekuensi-konsekuensinya terhadap kelembagaan KPK akan dibahas terlebih dahulu di internal," kata Febri.

Meski demikian, KPK tetap menghormati putusan yang telah diketok MK pada hari ini.

"Meskipun KPK kecewa dengan putusan tersebut, namun tentu sebagai institusi penegak hukum, KPK tetap menghormati putusan pengadilan," katanya.

Sejumlah karyawan KPK mengajukan uji materi karena menilai pembentukan hak angket DPR terhadap KPK tidak sesuai dengan Pasal 79 Ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Selain itu, KPK bukan termasuk unsur eksekutif sehingga tidak dapat dijadikan sebagai obyek pelaksanaan hak angket oleh DPR. (Fajar)

Penulis:

Baca Juga