Kasus Suap Romahurmuziy

KPK Panggil 3 Pansel Jabatan Tinggi Kemenag

Gedung KPK

Jakarta, Akuratnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) panggil tiga panitia seleksi (pansel) jabatan tinggi Kementerian Agama pada Sekretaris Jenderal dalam kasus suap Romahurmuziy, mantan Ketua Umum PPP.

Ketiga saksi itu di antaranya, Wakil Ketua Pansel Mohammad Farid Wadjdi, sekretaris pansel Iwan Kurniawan, dan tim seleksi administrasi pansel Yennie Poetri.

"Ketiga saksi itu akan diperiksa untuk tersangka RMY (Romahurmuziy)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (01/04/2019).

Dari ketiga saksi tersebut, yang diketahui telah hadir di Gedung Merah Putih KPK baru Iwan Kurniawan. Penyidik KPK telah mulai memeriksa panitia seleksi jabatan tinggi Kementerian Agama sejak pekan lalu.

Sebelumnya pada Rabu, 27 Maret 2019, KPK telah memeriksa Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Seleksi Jabatan Tinggi Kemenag.

Usai diperiksa, Nur Kholis mengaku dicecar penyidik tentang dasar hukum serta proses seleksi.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan status tersangka kepada mantan anggota DPR Romahurmuziy, Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin, dan Kepala Kantor Kemenag Gresik M. Muafaq Wirahadi.

Rommy diduga menerima suap sebanyak Rp 250 juta dari Haris dan Rp 50 juta dari Muafaq untuk mempengaruhi proses seleksi pengisian jabatan Kepala di Kemenag Jatim dan Gresik.

Dalam proses seleksi, nama Haris sebenarnya tidak masuk dalam tiga nama calon Kepala Kanwil Kemenag Jatim yang diusulkan ke Menteri Agama. Haris disebut pernah mendapat sanksi disiplin. Kemudian ia menjalin komunikasi dengan Romi dan memberi uang agar anggota DPR itu bisa mempengaruhi hasil seleksi tersebut.

Kemudian pada awal Maret 2019 lalu, Haris telah dilantik. Kemudian, pada 12 Maret 2019, Muafaq diduga menghubungi Haris dan meminta dipertemukan dengan Romi.

Pada 15 Maret 2019 ketiganya bertemu dan Muafaq menyerahkan uang sebanyak Rp 50 juta kepada Rommy untuk juga meloloskan dirinya dalam seleksi Kepala Kantor Kemenag Gresik.

Penulis: Hengky
Editor:Redaksi

Baca Juga