Sukses Gelar Pemilu Serentak

KPU Beri Penghargaan Kepada Pemkab Sidoarjo

Bupati Saiful Ilah (3 dari kiri), didampingi anggota DPRD, Muhammad Dhamroni Chudlori (2 dari kiri) saat menerima penghargaan yang diserahkan Ketua KPU Sidoarjo, Mukhammad Iskak (2 dari kanan).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sukses menyelenggarakan Pemilu serentak, 17 April 2019 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

Penghargaan itu diserahkan Ketua KPU Sidoarjo, Mukhammad Iskak kepada Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah dan jajaran Forkopimda serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo, bertempat di transit room, Delta Wibawa, Sidoarjo, Kamis (20/9/2019).

"Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga hasil rekapitulasi perolehan kursi dan calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Sidoarjo bisa ditetapkan dan dilantik 22 Juli 2019. Pemilihan presiden (Pilpres) ada gugatan, tapi MK menilai gugatan itu tidak memenuhi syarat," kata Iskak saat menyampaikan laporan hasil Pemilu serentak 2019 dan sosialisasi tahap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ditambahkan, 2019, jumlah pemilih di Sidoarjo berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT), pembawa KTP dan pindahan luar kota, total 1.460.991 pemilih.

"Tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak suara berjumlah 1.200.703 pemilih atau 82,18 %. Ini jumlah partisipasi masyarakat paling besar sepanjang Pemilu setelah reformasi. Rata-rata partisipasi masyarakat pemilih di 18 kecamatan itu di atas 80 persen. Sedangkan, partisipasi terbesar di Kecamatan Tarik, yakni 88,16 persen," terang Iskak.

Sementara itu, Bupati Saiful Ilah, didampingi anggota DPRD, Muhammad Dhamroni Chudlori menuturkan, pihaknya merasa bersyukur, karena Pemilu serentak 2019 di Sidoarjo berlangsung aman dan damai.

“Kesuksesan ini patut kita apresiasi bersama dan dijadikan motivasi KPU Sidoarjo sebagai penyelenggara Pemilu untuk mempertahankan kinerjanya yang sudah baik ini," ucapnya.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga