KPU Resmi Tetapkan Nomor Urut: Jokowi-Ma’ruf “01” Prabowo-Sandi “02”

Jakarta, Akuratnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2019.

Proses diawali dengan penentuan urutan pengambilan nomor urut terlebih dahulu oleh masing-masing calon wakil presiden di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018) malam.

Sandiaga Uno dan KH. Ma'ruf Amin lalu secara bersamaan mengambil satu bola berisi angka yang telah disediakan dalam bola kaca. Cawapres yang mendapat angka paling kecil maka Capres-nya menjadi yang pertama mengambil nomor urut.

Sandi kemudian mendapat angka 1 dan Ma'ruf memperoleh angka 10. Prabowo lantas mendapat giliran pertama mengambil nomor urut disusul Jokowi.

Barulah kedua kandidat bersama-sama mengambil nomor urut. Ketika dibuka, Jokowi memperoleh angka 1 dan Prabowo memperoleh angka 2.

Ketua KPU, Arief Budiman menuturkan kedua pasangan calon sebelumnya telah bertemu terlebih dahulu dan menyepakati ada penambahan angka "0" pada awal nomor urut. Hal itu membuat angka di surat suara nantinya tertera 01 untuk Jokowi-Maruf dan 02 untuk Prabowo-Sandi.

Penetapan nomor urut ini dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 1142/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 tanggal 21 September 2018. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga