oleh

KSPI Demo Kemendag Desak Mendag Enggar Dicopot

Jakarta, Akuratnews.com – Ratusan massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kementerian Perdagangan. Dalam aksinya, massa mendesak agar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dipecat dari jabatannya karena ngotot ingin melakukan impor bahan pangan.

Sekjen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz mengatakan Indonesia tidak selayaknya membuka kran impor bahan pangan besar-besaran. Hal ini karena stok kebutuhan pangan dalam negeri masih terpenuhi di samping Indonesia adalah negara agraris.

“Negara ini negara agraris. Tapi faktanya, Indonesia malah impor soal pangan,” ujarnya di atas mobil komando, Senin (1/10/2018).

Mengaku mewakili 1,7 juta buruh di seluruh Indonesia, pihaknya menentang keras upaya Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dalam mengimpor berbagai bahan pangan. Ridem lantas mendesak Pemerintah agar menghentikan impor kebutuhan pokok rakyat Indonesia.

“Ironis kenapa banyak petani dan nelayan, tapi kebijakan Pemerintah malah melakukan impor. Ini apakah pejabat kita mental rente,” tukasnya.

Lebih lanjut, KSPI meminta agar Partai Nasdem memecat kadernya, Enggartiasto Lukita dari posisi Mendag. “Pejabat Kemendag adalah dari partai pro pemerintah. Jika ini tidak dihiraukan dan tetap masih impor, maka 2019 jangan sampai coblos partainya,” pungkas Riden.

Untuk diketahui, desakan agar Mendag Enggar dipecat awalnya akan dilakukan di Kantor DPP Partai Nasdem, namun batal lantaran hadangan sejumlah massa di luar buruh. Selain itu, buruh juga menolak kriminalisasi mantan Menko Maritim Rizal Ramli yang diduga dilakukan Partai Nasdem lantaran menolak kebijakan impor Mendag Enggar. (Ysf)

Komentar

News Feed