KSR UBSI Dilatih Tanggap Darurat Kebencanaan

Jakarta, Akuratnews.com - Korps Suka Rela (KSR) Universitas Bina Sarana Infromatika (UBSI) baru saja selesai mengikuti Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat.

Kegiatan yang berlangsung pada 24 – 27 September lalu di Hotel Pramesthi, Cibogo, Bogor ini diikuti 24 peserta yang terdiri dari KSR unit Universitas Bina Sarana Informatika dan KSR dari kampus-kampus di Jakarta, serta KSR unit Markas PMI Jakarta Barat.

Kegiatan ini sendiri bertujuan membekali para pesertanya sehingga siap dimobilisasi sebagai petugas pendukung Tim Pelayanan Operasi Penanggulangan Bencana PMI dan menjadi relawan cepat tanggap terhadap bencana alam yang kemungkinan akan terjadi.

Pelatihan-pelatihan yang dilakukan meliputi simulasi mulai dari alur koordinasi dengan posko pusat, pembuatan posko aju, giat assesment, evakuasi, logistik dan distribusi bantuan, hingga pelayanan kesehatan terhadap korban bencana.

“Pada saat terjadi bencana, kita harus cepat tanggap dalam mengatasi berbagai hal yang memang diperlukan di lokasi terjadinya bencana, seperti membangun posko aju, pendistribusian bantuan dan pemberian layanan-layanan sesuai kebutuhan,” ucap Cecep Hendrayana selaku penanggung jawab kegiatan ini di Jakarta, baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut, Pembina KSR UBSI Irwin Ananta mengatakan, melalui kegiatan pelatihan manajemen tanggap darurat bencana ini akan dihasilkan sukarelawan-sukarelawan yang semakin menjadi lebih siap dan tanggap dalam mengantisipasi efek bencana.

“Selain itu, KSR UBSI juga terus berkomitmen mendukung penanggulangan bencana yang diselenggarakan PMI serta sebagai wujud keperdulian UBSI terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia serta keperdulian UBSI terhadap masyarakat Indonesia,” ujar Irwin.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga