Kurang dari Sejam, 65 Pengendara Kena Tilang, Bukti Rendahnya Kesadaran Tertib Lalu Lintas

Sat Lantas Polres Pekalongan saat menggelar razia. (foto dok. Akuratnews.com)

Pekalongan, Akuratnews.com – Banyaknya pelanggaran yang terjadi di wilayah Kab. Pekalongan menjadi bukti rendahnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, padahal pelanggaran ini berpotensi terhadap meningkatnya kecelakaan.

Hal inilah yang membuat jajaran Sat Lantas Polres Pekalongan gencar melakukan penertiban (razia) kendaraan di jalan raya Kajen-Karanganyar. Alhasil kurang dari satu jam petugas menindak 65 pelanggar dengan tilang.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.k., M.Si melalui Kasubbag Humas Iptu Akrom, S.Sos.I mengatakan, dari 65 pelanggar tersebut menunjukkan bahwa para pengendara di Kabupaten Pekalongan masih bandel.

"Jumlah pelanggaran itu bukan sebuah prestasi, sebab masih banyak sekali warga yang tidak tertib." Iptu Akrom, Kamis (26/9/2019).

Menurut dia, dalam kegiatan razia kendaraan masih banyak ditemukan pelanggaran yang kasat mata seperti tidak menggunakan helm, kondisi motor yang tidak sesuai standar keamanan hingga ada diantara mereka yang belum memiliki SIM karena belum cukup usia, namun memaksakan diri untuk mengendarai sepeda motor.

"Ini tentunya bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, ujar Iptu Akrom.

Diketahui, berbagai cara sudah dilakukan Sat Lantas Polres Pekalongan, baik itu tindakan persuasif maupun tindakan preventif kepada para pelanggar lalin.

Adapun tindakan persuasif sendiri dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, karena selama ini masih banyak masyarakat sadar akan ketertiban berlalu lintas bila di jalan ada petugas Polantas.

Apabila tindakan persuasif dirasa belum maksimal hasilnya, maka jajaran Sat Lantas Polres Pekalongan akan melakukan tindakan preventif berupa tindakan langsung dengan melakukan tindakan razia kendaraan di jalanan, terutama di wilayah Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL). (*)

Penulis: Syarifuddin

Baca Juga