La Ode Nifaki: Rencana Pemberlakuan Tiket Kapal Laut Online Mudahkan Calon Penumpang

H. La Ode Nifaki Toe FOTO: Anra.
H. La Ode Nifaki Toe FOTO: Anra.

Muna, Akuratnews.com - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Muna H. La Ode Nifaki Toe mengatakan rencana pemberlakuan tiket online bagi kapal penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Nusantara Raha, mempermudah para calon penumpang yang berencana melakukan keberengkatan melalui kapal laut.

Dikatakannya, dengan adanya pemberlakuan tiket online juga sedikit mengurangi biaya masuk pelabuhan Nusantara Raha yang selama ini dikeluhkan oleh para penumpang.

"Adanya tiket online banyak kemudahan yang pastinya didapat, kalau yang lalu-lalu masyarakat sebagai penumpang bayar pas masuk pelabuhan sampai dua kali, dengan adanya tiket online itu nantinya tidak perlu lagi. Jadi ketika sudah beli tiket online dan memperlihatkan buktinya, tinggal pas masuk saja, jadi hanya sekali bayar," kata Nifaki, belum lama ini.

Selain itu, masih kata Nifaki, adanya pemberlakuan tiket kapal laut online, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna tidak akan kesulitan lagi untuk mengejar retribusi yang selama ini menggunakan kupon yang tersemat pada tiket konvensional.

Melalui tiket online lanjutnya, jumlah penumpang yang berangkat setiap kapal perharinya bisa diketahui.

"Bisa kita ketahui secara online berapa jumlah penumpang yang berangkat, jadi tinggal kita sampaikan ke pengelola berapa retribusi Pemda yang harus didapatkan. Untuk retribusi sendiri kita masih pake Perda 2011, yakni ,Rp1000 perpenumpang," jelasnya.

"Semua calon penumpang dan pihak lain dapat mengakses aplikasi ini untuk mendapatkan informasi, baik terkait jadwal keberangkatan, kepastian calon penumpang mendapatkan tiket, maupun jumlah penumpang secara keseluruhan baik yg menggunakan kapal malam, kapal siang ataupun yang menggunakan Kapal Pelni," sambungnya.

Terkait rencana pemberlakuan tiket online ini, menurut Nifaki telah melakukan pertemuan bersama pihak Syahbandar. Dan pemilik aplikasi tiket online merupakan pihak kepercayaan yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ia menyebut, untuk tingkatan Unit Peleyanan Pelabuhan (UPP), UPP Muna menjadi pilot Projek tiket pemberlakuan tiket online seluruh wilayah Indonesia.

"Adanya tiket online, calon penumpang yang tadinya datang ke pelabuhan untuk membeli tiket sekarang itu tidak perlu lagi. Sistem pembelian tiket online juga dapat menata manifes penumpang dengan baik, semua ini demi kenyamanan semua pihak," pungkas Nifaki.

Penulis: Anra

Baca Juga