L’Académie Siapkan Programmer Unggul Indonesia

Penandatanganan perjanjian kerja sama Indonesia-Prancis bentuk Sekolah Coding L’Académie gratis, Kementerian Kominfo, Senin (17/9/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com
Penandatanganan perjanjian kerja sama Indonesia-Prancis bentuk Sekolah Coding L’Académie gratis, Kementerian Kominfo, Senin (17/9/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Sekolah Coding gratis L‘Académie merupakan bentuk kerjasama antara Indonesia dengan Prancis yang berupaya membangun ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut, sekolah ini adalah bentuk pengembangan dunia pendidikan dan ekonomi digital di Indonesia.

Turut serta dalam mendukung dan sekaligus ikut menandatangani perjanjian kerja sama, Gita Wirjawan selaku pendiri Ancora Group dan Ancora Foundation mengatakan, L’Académie sebagai wujud tanggung jawab dan kontribusi dunia usaha dalam meningkatkan ketahanan dan pembangunan ekonomi Indonesia di masa mendatang, yang mana akan banyak mendapat disrupsi dari cepatnya perkembangan dunia informasi dan teknologi (IT).

"Saya berharap Indonesia akan dikenal sebagai salah satu pemasok programmer unggul yang sangat dibutuhkan di era industri digital saat ini, sekaligus tujuan investasi yang kondusif bagi dunia," ujarnya saat menghadiri penantanganan perjanjian kerja sama Indonesia-Prancis, di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).

Disisi lain, Co-founder L’Académie Guillaume Catala menilai, Indonesia memiliki bibit-bibit profesional di dunia teknologi informatika dan perlu difasilitasi dalam mengasah dan mengembangkan kemampuan mereka.

“Tidak ada syarat khusus atau batasan ijazah, hanya tes masuk yang perlu diikuti untuk bergabung di L’Académie. Seluruh materi pembelajaran dan evaluasi akan disediakan oleh 42. Kami melanjutkan metode teacher-free namun peer to peer dan project based learning yang sudah berhasil diterapkan oleh 42 di banyak negara lain," kata Olivier Ducourant, perwakilan 42 yang merupakan badan nirlaba Prancis pemilik konsep belajar yang digunakan L’Académie. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga