Polisi Amankan 20,5 kg sabu

Lagi, Polisi Surabaya Bekuk Kurir Narkoba Jaringan Medan

Surabaya, Akuratnews.com - Sat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, kembali membekuk kurir narkoba jaringan Medan, pada April lalu.

Dalam konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Waka Polrestabes, AKBP Hartoyo, menerangkan. Ada 5 tersangka yang diamankan, dengan barang bukti total 20,5 kilogram sabu.

"Kami mendapatkan informasi bahwa ada pengiriman narkoba dari Medan ke Surabaya, yang dilakukan tersangka CL. Barang tersebut akan diberikan kepada CH," ungkap Hartoyo, didampingi Kasat Reskoba, Kompol Daniel Somanonasa. Jumat (25/6/21).

"Setelah itu kami menangkap CH yang ditemani MA (driver) saat akan transaksi di dalam Mobil yang terparkir di Rest Area KM 725 Tol Mojokerto - Surabaya, dengan barang bukti seberat 10,5 kilogram," tambanya.

Baca Juga : Ambil Sabu Puluhan Kilo Sabu dari Medan, Holil CS Dibayar Hingga Hampir 1M

Kemudian lanjut Hartoyo, pihaknya kembali melakukan pengembangan dan membekuk tersangka lainnya, yakni EK.

"Setelah dilakukan pengembangan, didapatkan nama EK. Tersangka ditangkap di pintu keluar Terminal Bungurasih. Di dalam jok motornya ditemukan, 107,7 gram sabu. Selain itu ada juga bb seberat 4,6 kilogram," beber Hartoyo.

Tidak sampai di situ, Perwira dengan satu melati dipundak ini juga menjelaskan, anggotanya terus melakukan pengembangan, hingga didapatkan tersangka FH di Kediri, dengan barang bukti sabu seberat 4,2 kilogram di mobilnya, serta 954,36 gram.

Dari hasil pemeriksaan polisi, CH sudah 3 kali melakukan pengiriman sabu, sedangkan FH sudah 10 kali, keduanya diupah 60 juta rupiah untuk sekali pengiriman. Sedangkan 3 tersangka lainnya menerima 10 juta rupiah.

Tersangka CH mendapatkan perintah dari AA, seorang bandar yang masih mendekam di salah satu lapas di Jawa Timur.

Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan dengan pasal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) dan pasal 112 ayat (2) Jo 132 ayat (1), dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati.

Perlu diketahui, Sebelumnya Sat Resnarkoba Polrestabes Surabaya juga pernah menangkap 4 orang kurir narkoba jaringan Medan, yakni Holil, Deddy Irawan, M Ariyansa, dan M Rusli.

Holil CS saat ini tengah menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, dan terancam hukuman pidana mati

Penulis:

Baca Juga