Lagi, Satu Nyawa Melayang di Laga Sepak Bola Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com - Laga Sepak Bola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi brutal dari para suporter. Seorang suporter yang diduga Jakmania (Suporter Persija) tewas di keroyok sekumpulan oknum Bobotoh (suporter Persib Bandung).

Aksi tersebut berlangsung saat laga Persib Bandung vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018) petang.

Diketahui, kejadian tersebut terjadi pukul 13.00 WIB, jelang laga di GBLA yang kick-off pada pukul 16.00 WIB. Korban yang diketahui bernama Haringga Sirila (23 tahun) ini memang hanya sendirian. Kemudian ia dikejar oleh sejumlah oknum Bobotoh yang berjumlah lumayan banyak.

Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali mengatakan, kasus kematian suporter menjadi masalah serius sepakbola Indonesia. Namun sayangnya, hal ini tidak mendapatkan perhatian khusus dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), pihak klub, dan pihak keamanan.

"Nyawa sangat murah di sepakbola Indonesia. Tak pernah ada penyelesaian baik secara hukum sepakbola maupun hukum kriminalitas secara tuntas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (23/9/2018).

Menurut dia, karena tidak ada antisipasi dan penanganan kasus secara serius dan tuntas terhadap permasalahan ini, akhirnya "membunuh" dianggap hal yang biasa di sepakbola Indonesia.

"PSSI dan Pemerintah harus tegas dalam memberikan sanksi terhadap aktivitas sepakbola yang menyebabkan tumbal nyawa," tegasnya.

"Untuk laga yang melibatkan Persib dan Persija, ini adalah tumbal nyawa yang keenam," ulas dia.

Berikut adalah nama-nama suporter yang tewas dalam laga Persib dan Persija:

1. Rangga Cipta Nugraha, 22 tahun, (Bobotoh), Persija vs Persib, tusukan senjata tajam (27/5/2012).

2. Lazuardi, 29 tahun (Bobotoh), Persija Vs Persib, pengeroyokan (27/5/2012).

3. Dani Maulana, 17 tahun (Bobotoh), Persija Vs Persib, pengeroyokan (27/5/2012).

4.Gilang, 24 tahun (The Jakmania Pekalongan), perjalanan pulang usai Persija vs Persib di Stadion Manahan Solo, jatuh dari kendaraan (06/11/2016).

5. Harun Al Rasyid Lestaluhu alias Ambon, 30 tahun (The Jakmania Kali Malang), perjalanan pulang usai Persija vs Persib di Stadion Manahan Solo, pengeroyokan di Tol Palimanan, Cirebon (06/11/2016).

6. Haringga Sirilla, 23 tahun, tewas sikeroyok (23/9/2018). (Rhm)

Penulis:

Baca Juga