Seminar Literasi Digital

Lanjutan Seminal Online Kemenkominfo dan DPR RI Angkat Tema“Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi”

Jakarta, Akuratnews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema  “Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi”, pada Jumat (22/10/2021) melalui platform zoom meeting.

Dalam seminar tersebut menghadirkan tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu, Drs. Utut Adianto (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Devie Rahmawati (Dosen Vokasi UI) dan mengundang Ristawati Purwaningsing, S.ST. MM. (Wakil Bupati Kebumen).

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah adalah Melihat peluang dalam lieterasi Digital disaat pandemi ini, bagaimana kita bijaksana dalam menggunkan Internet dalam kehidupan sat ini terlebih lagi dari hal-hal negatif dari Internet dengan kritis memahami berita yang benar atau berita hoax yang tersebar pada saat ini yang bisa merugikan orang lain di imbasnya, dengan itu kita sebagai pengguna social media diharuskan bijak dalam penggunanaanya, tidak hanya bijak kita juga harus pertimbangkan dampak-dampak dari hal negative yang kita lakukan apabila tidak bjiak dalam penggunaan social media, karena pemerintah sudah menyediakan tempat pengaduan untuk pihak yang dirugikan dan akan ditindak lanjutin.

Tqampil sebagai narasumber pertama Utut Adianto, dalam paparannya Utut menjelaskan;

"Banyak peluang yang tercipta dari berbagai kemajuan teknologi dengan bentuk-bentuk kreatif melalui Literasi Digital, Kita akan mendukung untuk Indonesia kedepannya dengan mampu bersain dengan kanca Internasional  semakin maju dengan Keniscayaan yang harus diatur dan dijaga, ", jelas Utut.

Lebih lanjut Utut menambahakan; "Harapan saya dari Peserta Literasi Digital untuk bisa mengambil Ilmu yang bisa diserap dari Kegiatan Kominfo dengan Webinar seperti dengan rutin seperti ini, dengan berbagai latar belakang peserta Mahasiswa sampai pada peserta UMKM saat ini, " tambahnya.

Narasumber kedua Ristawati Purwaningsing, dalam paparannya menerangkan; "Manfaat Literasi Digital merupakan, belajar dengan lebih cepat, mendapatkan Informasi dengan cepat, dapat berkomunikasi dengan mudah, namun dibalik manfaat nya, ada juga hal yang harus kita hati-hati dalam menggunakan Literasi Digital dengan memberikan Informasi karena adanya jejak digital yang akan terus ada. Dibalik era Digital ini kita perlu memperhatikan untuk memviralkan juga warisan budaya kita salah satunya bisa melalui Medsos yang sudah menjadi kebutuhan pada saat ini, bisa dikemas sebaik mungkin untuk kita promosikan melalui Sosial Media ke khalayak luas, " terang Wakil Bupati Kebumen ini.

Narasumber ketiga atau terakhir,  Devie Rahmawati selaku Dosen Vokasi UI, memaparkan; "Etika Digital Berbasis Pancasila ada 7, yaitu berisikan pengendalian diri, pertanggung jawaban social, lalu persaingan ekonomi sehat, perlindungan harkat dan martabat kemanusiaan, lalu pembangunan berkelanjutan, dilanjutkan dengan praktik koruptif, dan yang terahir adalah pergaulan positif. Dari 7 point tersebut diharapkan kita sebagai pengguna social media bisa memiliki etika terhadap setiap penggunanya, " papar  Devie Rahmawati.

Setelah selesai tiga narasumber menyampaikan paparan materinya, dilanjutkan dengan sesi tanya tajawab untuk para peserta seminar yang diikuti 150 peserta. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga