Latih Kepedulian Sekitar, Rumah Sunat dr. Mahdian Berbagi Takjil Gratis

AKURATNEWS - Takjil yang berasal dari kata ajila dalam bahasa Arab memiliki arti menyegerakan. Namun selama ini, kebanyakan orang menyebut istilah takjil adalah makanan atau minuman yang disajikan untuk berbuka puasa.

Menyegerakan berbuka puasa (takjil) merupakan kebaikan. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW: “Manusia senantiasa berada di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis ini mengisyaratkan jika menyegerakan berbuka maupun berbagi makanan untuk berbuka puasa merupakan dua hal kebajikan yang sebaiknya dilakukan selama Ramadhan.

Dan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Rumah Sunat dr. Mahdian pun melaksanakan Program Ramadhan Ceria di 16 lokasi klinik Rumah Sunat dr. Mahdian. Kegiatan dalam program ini adalah membagikan makanan berbuka puasa untuk masyarakat.

“Kegiatan ini, kita mulai dari 30 April 2021 dan 7 Mei 2021 dengan total makanan dan minuman yang dibagikan sejumlah 6.400 paket. Membagikan makanan atau minuman untuk berbuka puasa termasuk dalam ajaran agama Islam yang mana merupakan salah satu bentuk kebaikan terhadap orang-orang yang berpuasa,” kata Achmad Syarif Kurniawan, Vice President of Primary Mahdian Group, Senin (3/5).

Terkait memberi makanan atau minuman untuk orang yang berpuasa, Rasulullah SAW bersabda dalam HR. Tirmidzi, Ibn Majah: "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga."

Tujuan Rumah Sunat dr. Mahdian membagikan takjil ini, dikatakan Achmad Syarif Kurniawan, untuk membangun solidaritas pada pengendara dan masyarakat sekitar klinik.

"Rumah Sunat dr. Mahdian akan terus berusaha melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat, seperti halnya program Ramadhan Ceria ini," ucapnya.

Syarif pun mengingatkan, seluruh umat Islam agar dapat terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi saat ini merupakan kali kedua umat Islam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga